Saat P-51D Mustang Lahir Kembali

2954
Sumber gambar: Britt Dietz/warbird photo

Di era kejayaannya, pesawat ini bisa dikatakan tidak punya lawan yang sebanding. Bahkan penerbang AL Kerajaan Jepang pun harus berpikir dua kali berhadapan dengan pesawat ini meski pesawat yang mereka gunakan A6M Zero merupakan pesawat tangguh.

P-51D Mustang lahir menjelang Perang Dunia II berakhir. Perang akbar itu memang sudah lama berlalu, politik di dunia pun sudah berubah. Namun berakhirnya Perang Dunia II bukan akhir dari segalanya bagi P-51D Mustang.

Sampai detik ini masih banyak P-51D Mustang yang laik terbang dengan populasi terbanyaknya di daratan Amerika.

Pengguna P-51D Mustang saat ini bukan lagi angkatan udara, tapi para mania kedirgantaraan. Mereka biasanya menerbangkan P-51D Mustang pada hari-hari besar yang terkait dengan kedirgantaraan atau di saat berlangsungnya pameran kedirgantaraan.

Sumber gambar: Wallpaper Up
Sumber gambar: Wallpaper Up

Tampilan dari P-51D Mustang sendiri sebagian besar masih seperti ketika pesawat itu masih aktif di kedinasan. Soal registrasi, pesawat-pesawat ini sudah menggunakan registrasi sipil.

Karena yang menggunakanya juga masyarakat sipil tentunya sistem persenjataan juga sudah dipreteli. Para pemerhati kedirgantaraan menyebut pesawat militer yang sudah tidak aktif namun masih diterbangkan dengan istilah warbird.

Sumber gambar: Wallpaper Up
Sumber gambar: Wallpaper Up

Yang menarik adalah masalah pembelajaran baik dari segi teknis maupun sejarah. Teknologi kedirgantaraan memang sangat pesat perkembangannya. Dengan kehadiran pesawat seperti ini kita bisa melihat, bagaimana pabrikan pesawat AS mampu memproduksi pesawat canggih di zamannya dalam waktu tidak terlalu lama dan jumlah cukup besar.

Lebih penting lagi, para peminat kedirgantaraan dapat menyaksikan pesawat ini secara live dan bukan hanya melihat video atau gambarnya dari film dan buku.

 

Author: Remigius S & Harzan DJ