Jenderal Ini Penemu Benua Amerika Sebelum Columbus

10615
penemu benua amerika

Laksamana Cheng Ho, sang Jenderal Besar yang juga merupakan seorang penjelajah tersohor asal Negeri Tirai Bambu, Tiongkok. Rangkaian pelayaran yang ia lakukan selama 28 tahun di belantaran Samudera yang ganas sangat melegenda dan menjadi catatan penting sejarah dunia. Ia pun disebut sebagai penemu benua Amerika jauh sebelum pelayaran Columbus ke benua merah tersebut.

Setidaknya Cheng Ho telah melakukan tujuh periode pelayaran muai tahun 1405 hingga tahun 1433. Cheng Ho diyakini hilang di laut dalam pelayarannya pada tahun 1433. Sebuah sumber menyebutkan bahwa beberapa sejarawan berteori bahwa Cheng Ho telah melakukan perjalanan ke benua Amerika. Ada peta asal China yang mendukung teori tersebut. Namun belum ada bukti lain yang ditemukan untuk menguatkan pelayaran Cheng Ho ke Amerika.

Beberapa sumber pun menyebutkan bahwa Laksamana Cheng Ho diyakini sebagai penemu Benua Amerika, bukan Christoper Columbus. Bukti tersebut dikemukakan pertama kali oleh Gavin Manzies dalam bukunya, ‘Who Discovered America?’, yang diluncurkan jelang Hari Columbus.

Manzies sangat yakin bahwa Laksamana asal Tiongkok itu telah memetakan Belahan Bumi Barat (Western Hemisphere) 70 tahun sebelum Columbus tiba di Amerika pada 12 Oktober 1492. “Kisah tradisional bahwa Columbus menemukan ‘dunia baru’ adalah fantasi belaka,” tutur Manzies seperti dimuat Daily Mail, 8 Oktober 2013.

Manzies pun meyakini, bahwa Columbus telah memiliki salinan peta Cheng Ho saat mengarungi samudera menuju Amerika. Lebih jauh lagi, Menzies mengklaim, pemukim pertama Belahan Bumi Barat bukan berasal dari ‘Jembatan Selat Bering’, melainkan dari pelaut Tiongkok ketika pertama melintasi Samudera Pasifik sekitar 40 ribu tahun silam.

penemu benua amerikaDengan keyakinan yang amat dalam, Manzies pun menulis penanda DNA membuktikan Indian Amerika dan pribumi lainnya adalah keturunan para pemukim dari Asia.

Cheng Ho adalah penjelajah dengan armada kapal terbanyak sepanjang sejarah dunia yang pernah tercatat. Cheng Ho pun tercatat memiliki armada kapal kayu terbesar dan terbanyak sepanjang masa hingga saat ini. Selain itu Cheng Ho dikenal dunia sebgai sosok pemimpin yang arif dan bijaksana. Hal tersebut mengingat dengan mengerahkan armada yang begitu banyaknya, namun ia dan para anak buahnya tidak pernah menjajah negara atau wilayah di manapun tempat para armadanya merapat.

Baca Juga:

Rekam Jejak Ekspedisi Kemaritiman Laksamana Cheng Ho

Author: Fery Setiawan