Jatuh Dari Ketinggian 33.000 Kaki Tanpa Parasut, Pramugari Ini Berhasil Selamat

5279
jatuh dari ketinggian
Sumber gambar: lovechannel.ru

Wanita ini tercatat dalam daftar buku rekor Guinness World of Records sebagai orang pertama, bahkan dia merupakan satu-satunya hingga kini, yang selamat setelah jatuh dari ketinggian 33.000 kaki tanpa parasut. Bisa dipastikan, rekor yang dipegangnya akibat pengalaman buruknya itu, pasti tidak akan ada orang lain yang ingin memecahkan rekor baru untuk menandinginya.

Pengalaman buruk Vesna Vulovic pun bermula pada 26 Januari 1972. Ketika itu ia bekerja sebagai pramugari maskapai penerbangan, Југословенски аеротранспорт (Jugoslovenski Aerotransport/JAT) dengan nomor penerbangan 367. Vesna yang baru berusia 23 tahun, tak seharusnya berada di kabin pesawat milik maskapai Yugoslavia itu.

“Jadwalnya tertukar dengan pramugari lain yang juga bernama Vesna, akhirnya dia ditugaskan di pesawat yang salah,” demikian dituturkan pihak Guinness Book of Records.

Baca Juga:

Freefall Dari Pesawat Tanpa Parasut? Cuma Pria Ini Yang Berani

Pesawat Berisi Pemain Sepak Bola Jatuh

Pesawat tersebut melakukan perjalanan udaranya dari Stockholm menuju Belgrade. Ketika melintas di langit Srbská Kamenice, Cekoslowakia, pesawat McDonnell Douglas SC-9-32 tempatnya menjalankan tugas meledak dan hancur berkeping-keping di udara.

Serpihan pesawat JAT itu jatuh di dekat sebuah desa di Cekoslowakia. Vesna merupakan satu-satunya orang yang selamat saat dalam penerbangan naas tersebut. Ia ditemukan berada dalam serpihan bagian ekor pesawat itu dalam keadaan terjepit sebuah kereta dorong untuk membawa makanan.

Sebuah kelompok bersenjata sayap kanan pro-Nazi asal Kroasia bernama Ustache mengaku bertanggung jawab atas ledakan pesawat yang menewaskan 27 dari 28 orang yang ada di dalam pesawat itu.

“Tulang tengkoraknya patah, kedua kakinya patah, dan tiga tulang belakangnya hancur,” terang sang narasumber.

Baca Juga:

Parasut Membelit, Empat Peterjun Kopasgat Lolos dari Maut

Insiden dan Pengalaman Seorang Penerjun Wanita Profesional

Pasca mengalami koma selama 27 hari, Vesna kemudian melanjutkan perawatan selama 16 bulan di rumah sakit.

“Saya bukan beruntung. Semua orang menganggap saya beruntung, tapi mereka salah,” ungkap sang pramugari 30 tahun setelah tragedy memilukan itu.

Saya beruntung, kata Vesna, jika tak terlibat dalam kecelakaan ini lalu ibu dan ayah saya tetap hidup. Tragedi ini menghancurkan hidup mereka juga.

Berdasarkan catatan Guinness, Vesna tidak mengalami trauma psikologis apapun, bahkan pengalaman buruknya dalam penerbangan kala itu tidak pula membuatnya takut terbang.

Baca Juga:

Pramugari Manakah yang Paling Stylish di Dunia?

Siapa Sebenarnya Pramugari Pertama di Dunia?

Namun baru-baru ini kembali datang kabar duka mengenai Vesna (66 tahun) pada Sabtu (24/12/2016) lalu. Dirinya ditemukan tak lagi bernyawa di apartemennya yang berlokasi di Belgrade, Serbia.

Jasadnya ditemukan sang kakak laki-lakinya lantaran dirinya menaruh rasa curiga setelah selama beberapa hari terakhir sang adik tak menjawab teleponnya. Sang kakak kemudian menghubungi polisi setempat dan kemudian mendobrak apartemen Vesna. Sejauh ini penyebab kematian sang adik belum diketahui.

Sumber: kompas.com

Author: Fery Setiawan