Tur Keliling STPI Menambah Wawasan Kedirgantaraan

1255
Peserta Tur Keliling STPI berada di Ruang Simulator ATC STPI. Sumber gambar: Suharso Rahman

Ketua Ikatan Pilot Indonesia (IPI) Capt Bambang Adisurya Angkasa mengaku bangga terhadap almamaternya, Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI), yang 25 tahun lalu ia bersama teman-temannya menjadi taruna di jurusan Penerbang STPI Angkatan 51. Kini ia adalah captain pilot di pesawat B777-300ER Garuda Indonesia dan berdinas sebagai pilot di flag carrier Indonesia tersebut untuk rute-rute penerbangan jarak jauh.

Mengunjungi simulator B737NG dan A320 di STPI. Sumber gambar: Suharso Rahman
Mengunjungi simulator B737NG dan A320 di STPI. Sumber gambar: Suharso Rahman

Sebagai alumni STPI, selalu ada kerinduan di hati Bambang untuk mengunjungi kampusnya tersebut. Maka ia pun ikut dalam kegiatan tur keliling STPI bersama puluhan peserta dan pembicara Seminar IPTEK Bidang Penerbangan yang diselenggarakan STPI, Sabtu (4/3/2017). Tur dibagi dalam dua rombongan bus yang dipandu oleh taruna-taruni didampingi oleh Ketua STPI Capt Novyanto Widadi, S.IP. Salah satu senior Bambang, Capt Felix ikut serta dalam kegiatan ini.

Sebagian peserta Tur Keliling STPI termasuk Ketua Ikatan Pilot Indonesia, pembicara, dan alumni. Sumber gambar: Suharso RahmanDitanya harapannya terhadap STPI ke depan, Bambang menyatakan agar pemerintah bisa memberikan kesempatan bagi generasi penerus dari keluarga yang kurang mampu, untuk bisa berkesempatan mengenyam pendidikan pilot di STPI. Sebagaimana diketahui, pendidikan di STPI saat ini tidak lagi sepenuhnya gratis seperti yang ia alami era 1992-1995. “Kalau dulu zaman saya full gratis dibiayai pemerintah,” ujarnya.

Mengunjungi Hanggar Teknik Pesawat Udara. Sumber gambar: Suharso Rahman
Mengunjungi Hanggar Teknik Pesawat Udara. Sumber gambar: Suharso Rahman

Pembicara seminar dan juga peserta tur, Marsma TNI Dr (can) Asep Adang Supriyadi, S.E, M.M menyatakan harapan, agar STPI membangun kerja sama dengan perguruan tinggi penerbangan yang lain seperti Universitas Suryadarma, Jakarta. “Fasilitas-fasilitas yang ada di STPI baik apabila bisa dimanfaatkan juga oleh perguruan tinggi lainnya, tentu dengan mekanisme kerja sama,” ujarnya usai melihat berbagai laboratorium dan simulator yang dimiliki STPI.

Di akhir kunjungan peserta melihat pesawat-pesawat STPI yang digunakan untuk pendidikan terbang pilot. Sumber gambar: Suharso Rahman
Di akhir kunjungan peserta melihat pesawat-pesawat STPI yang digunakan untuk pendidikan terbang pilot. Sumber gambar: Suharso Rahman

Ketua STPI Novyanto Widadi mengatakan, seminar dan tur keliling melihat fasilitas di STPI merupakan kegiatan yang digagas dan dilaksanakan oleh Resimen Taruna STPI. Kegiatan dimaksudkan untuk memberikan tambahan wawasan kedirgantaraaan terutama mengenal pendidikan yang dilaksanakan di STPI. “Lebih penting lagi, adalah kami mengajak kepada seluruh insan penerbangan untuk meningkatkan budaya keselamatan di dunia penerbangan Indonesia melalui pemahaman airmanship, leadership, dan safety culture,” ujarnya.

Author: Roni Sontani