Ikuti Tiga Langkah Ini Untuk Menghemat Baterai Kamera DSLR Anda

1284
Sumber gambar: ephotozine.com

Buat para spotter yang sangat hobi motret, apalagi yang baru punya kegemaran di bidang fotografi, kita ada tips sederhana untuk kalian. Mengabadikan momen-momen lewat jepretan kamera memang sungguh mengasyikan, namun terkadang karena saking asyiknya ada momen seru yang tak terabadikan karena baterai kamera DSLR (Digital Single-Lens Reflex) yang Anda pakai kehabisan daya. Untuk itu, ikuti tiga langkah ini untuk menghemat baterai kamera DSLR Anda.

Mungkin langkah-langkah di bawah ini tidak akan banyak berpengaruh ketika Anda berada di spot-spot yang menyediakan fasilitas untuk mengisiulang baterai kamera DSLR Anda. Lalu bagaimana ketika Anda berada pada spot-spot outdoor, seperti pegunungan atau daerah pelosok yang tidak menyediakan fasilitas untuk mengisiulang baterai kamera Anda saat momen penting seperti jet-jet tempur sedang bermanuver dengan indahnya atau fenomena alam?

Dalam situasi ini Anda harus pintar-pintar mengatur strategi agar semua momen penting dapat terabadikan dengan sempurna. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar konsumsi baterai kamera DSLR Anda bisa lebih hemat dan tahan lama.

Aktifkan Fitur ‘Auto Power Off’

baterai kamera dslr
Sumber gambar: tuki.vn

Tips pertama adalah Anda harus mengaktifkan fitur ‘Auto power off’. Fitur ini secara otomatis akan menempatkan kamera di posisi standby ketika tidak dipergunakan, bisa selama satu menit hingga 30 menit, tergantung pengaturan. Kamera dapat On kembali dengan segera ketika Anda menekan ‘setengah’ tombol rana.

Hal ini juga berguna ketika Anda lupa untuk memindahkan tuas ‘On’ ke ‘Off’ seusai melakukan aktivitas Photo hunting. Fungsi ‘Auto power off’ dapat Anda setting pada menu pengaturan kamera. Selain itu, Anda perlu juga untuk menonaktifkan bunyi ‘Beep’ pada kamera Anda karena tidak terlalu memiliki peran. Memang bunyi ‘Beeb’ tidak menguras baterai kamera Anda, tapi kurang berperan signifikan ketika anda memotret, maka lebih baik dimatikan saja bunyi ‘Beeb’ itu.

Kurangi Penggunaan Layar LCD

baterai kamera dslr
Sumber gambar: infofotografi.com

Layar LCD merupakan salah satu fasilitas pada kamera DSLR yang memakan energi baterai cukup besar. Kamera DSLR memiliki jendela bidik optik, nah untuk menghemat daya baterai Anda bisa gunakan itu untuk memotret. Selain mematikan fitur ‘live view’ pada kamera, Anda pun tidak perlu sering-sering mengecek hasil foto. Matikan pula fitur ‘auto review’ yang bisa Anda setting pada menu pengaturan.

Hal yang cukup penting lainnya adalah pemakaian lampu flash internal atau pop-up flash internal. Gunakan cahaya tambahan atau flash external jika benar-benar diperlukan. Sebagai alternatif, Anda cukup naikkan pengaturan kepekaan cahaya ISO jika cahaya yang ada kurang mendukung.

Jangan takut gambar yang dihasilkan akan timbul noise atau muncul bintik-bintik, karena kebanyakan kamera DSLR saat ini telah disematkan fitur ‘noise reduction’ yang mampu mengurangi tingkat noise pada gambar.

Pilih Manual Fokus

baterai kamera dslr
Sumber gambar digitalcameraworld.com

Manual fokus lebih menghemat baterai ketimbang auto fokus yang memerlukandaya untuk menggerakkan lensa. Konversi tersebut dapat Anda lakukan dengan menggeser tuas yang tersedia pada lensa (opsi AF/MF). Fungsi auto fokus dapat memakan daya baterai karena ketepatan fokusnya ditentukan oleh sebuah alat elektronik dan motor.

Untuk menghemat baterai, Anda juga perlu menonaktifkan fitur stabilizer. Istilah ini dikenal dengan istilah ‘VR’ atau Vibration Reduction pada kamera DSLR Nikon, sedangkan pada DSLR Canon dikenal dengan istilah ‘IS’ (Image Stabilization). Meskipun fitur ini dapat membantu untuk mengurangi getaran karena kurang kuatnya tangan pada saat pengambilan gambar dari jarak jauh (long shot), namun fitur ini memakan banyak energi baterai karena harus menggerakkan elemen-elemen di dalam lensa untuk melawan shake pada hasil foto.

Author: Fery Setiawan