Puri Ardya Garini Pecah! Kejuaraan Tinju Sabuk Emas KASAU dan WBC Silver Digelar Sore Ini

807
sabuk emas kasau
Sumber gambar: Suharso Rahman

Dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun (HUT) ke-71 TNI Angkatan Udara, Mabes TNI AU menggelar serangkaian acara yang bertajuk ‘Bulan Dirgantara Indonesia 2017’ (BDI 21017). Masih dalam rangkaian acara tersebut, sore ini (14/4/2017) sedang diselenggarakan kejuaraan tinju yang memperebutkan Sabuk Emas KASAU dan WBC Silver Asia Pasifik di gedung Puri Ardya Garini, Halim Perdanakusuma, Jakarta.

“Yang pertama ada pertandingan tinju memperebutkan Sabuk Emas Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, ini sifatnya nasional. Dan yang Internasional adalah kejuaraan Internasional versi WBC Silver (Asia Boxing Council). Keduanya akan dilangsungkan di gedung Puri Ardhya Garini, Jum’at,” terang Kolonel M. Daril Koesorry, Kamis (13/02/2017) di Jakarta.

Para petinju yang akan maju memperebutkan gelar juara nasional adalah Ilham “Flanker” Leoisa dari Dirgantara Boxing Camp, melawan Bara Boy Triono dari Nelson Nainggolan Boxing Camp Jakarta. Sedangkan yang bertanding dalam kejuaraan Internasional versi WBC Silver Asia Pasifik adalah Semli “Tukano” Mau dari Dirgantara Boxing Camp melawan petinju asal Thailand, Manot Comput.

sabuk emas kasau
Sumber gambar: Suharso Rahman

Tak hanya itu, masih ada delapan partai tambahan lainnya di kelas amatir. Total pertandingan tersebut akan diikuti oleh 20 petinju baik dari Sasana tinju Sipil maupun militer.

Daril mengatakan, selain untuk memeriahkan HUT TNI AU dan acara Bulan Dirgantara Indonesia, pertandingan tersebut dimaksudkan untuk terus mengembangkan dan memajukan serta mencari bibit-bibit petinju yang kelak akan siap bertanding pada kancah nasional ataupun internasional. Oleh karena itu, hingga Gelaran keenam tahun ini, secara serius Mabesau mengajak Akbar Qaedi Rasjid dari MBP Internasional selaku promotor.

“Kita akan meneruskan tradisi para juara dunia Indonesia. Makanya kalo dulu saya bilang saat Kejuaraan Sabuk Emas Kasau kelima kita mau melahirkan petinju petinju nasional. Nah saat ini Sabuk tinju Emas Kasau yang keenam, kita kan melaksanakan event internasional, yaitu WBC Silver. Siapapun pemenangnya di level ini, akan kita naikkan ke jenjang dunia,” tegas Daril.

Lanjut Daril mengatakan, untuk TNI AU sendiri, kami telah mempunyai bibit petinju yang berasal dari anggota TNI AU aktif dan sipil yang tergabung dalam Dirgantara Boxing Camp. Mereka pun ada yang sudah meraih predikat juara baik nasional atau internasional dan itu akan menjadi catatan khusus untuk karier dan kepangkatan mereka kelak.

Untuk memupuk rasa sportivitas dan menarik minat masyarakat, Kolonel Daril mengajak masyarakat menonton pertandingan tersebut secara cuma-cuma. “Gratis, tidak dipungut tiket masuk. Silahkan ajak saudara atau teman. Pertandingan dimulai pukul 16.00 wib hingga selesai,” pungkas Daril.

Author: Suharso Rahman