Ketua MPR RI: Menwa Jayakarta Menjadi Motor Penggerak Dalam Menyelesaikan Permasalahan Generasi Muda

3232
menwa jayakarta
(kiri-kanan) Komandan Skomen Jaya Raden Umar, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan dan Komandan Menwa Nasional Ahmad Riza Patria. Sumber gambar: Dok. Skomen Jaya

Menwa Jayakarta dapat menjadi motor penggerak dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang timbul di generasi muda dengan berdiri di atas semua golongan. Demikian dikatakan Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan dalam amanatnya saat memimpin upacara HUT ke-55 Resimen Mahasiswa (Menwa) Jayakarta, Selasa (23/5/2017).

“Keikutsertaan Resimen Mahasiswa (Menwa) dalam sejarah perjuangan Bangsa Indonesia merupakan bagian yang terlalu penting untuk kita lupakan. Dalam menjalankan roda pembangunan dibutuhkan kesepahaman akan nilai-nilai kebangsaan pada seluruh stakeholders yang pada akhirnya berujung pada tercapainya cita-cita nasional,” papar Zulkifli.

Dihadapan 2.000 peserta upacara, Ketua Umum Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia (IARMI) ini mengatakan bahwa keberadaan Menwa diharapkan mampu untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan termasuk di dalamnya empat konsensus Bangsa, yakni Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

Keberadaan Menwa Jayakarta menurutnya memiliki tantangan yang cukup besar jika dibandingkan dengan Menwa yang berada di daerah lain. Jakarta sebagai kota megapolitan memiliki berbagai permasalahan yang di antaranya adalah menurunnya nilai-nilai kebangsaan.

Dengan adanya permasalahan tersebut, Zulkifli berharap agar Menwa Jayakarta seyogyanya dapat mencermati permasaahannilai-nilai kebangsaan yang sudah mulai luntur di Jakarta sehingga mampu berperan sebagai motor penggerak untuk menyelesaikan berbagai permasalah yang timbul di generasi muda.

Author: Fery Setiawan