Mengenal Dunia Aviasi di Pusdirga

2900
Sumber gambar: IVAO Indonesia

Seperti dua tahun sebelumnya, kali ini Pusat Pendidikan Kedirgantaraan (Pusdirga) Cibubur, Jawa Barat menggelar acara Pusdirga Flying Experience 2017. Kegiatan ini dilaksanakan di Bandar Udara Khusus Wiladatika, Cibubur.

Yap, kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan pengenalan dunia dirgantara sedini mungkin kepada masyarakat yang berlangsung pada 13 hingga 14 Mei 2017 lalu. Kegiatan ini tentu menarik perhatian masyarakat sekitar, bahkan juga dari luar kota Jakarta.

Selain itu, Pusdirga Flying Experience 2017 juga mengundang berbagai macam komunitas. Salah satu yang menarik perhatian adalah kehadiran dari International Virtual Aviation Organisation (IVAO) Indonesia.

IVAO sebagai komunitas berskala internasional mensimulasikan dunia aviasi dalam dunia maya. Pesertanya bisa memilih menjadi pilot maupun pengatur lalulintas udara (Air Traffic Controller/ATC) sesuai dengan kondisi aslinya.

Pengenalan simulator kepada para pengunjung Pusdirga Flying Experience 2017. Sumber gambar: Fida Perkasa
Pengenalan simulator kepada para pengunjung Pusdirga Flying Experience 2017. Sumber gambar: Fida Perkasa

Di Pusdirga Flying Experience 2017 para anggota IVAO divisi Indonesia mengenalkan dasar-dasar penerbangan pada teman-teman pramuka dan khalayak umum di ruang simulasi Pusdirga.

Di ruang simulator ini teman-teman staf IVAO Indonesia membimbing adik-adik Pramuka. Mereka diajarkan mulai dari cara lepas landas, terbang, mendarat, hingga berkomunikasi dengan ATC. Peserta pun sangat antusias mendengarkan penjelasan dari staf maupun member IVAO yang mensupervisinya.

“Acara ini sangat berpotensi baik dan bisa menggabungkan seluruh komunitas pecinta aviasi di Indonesia,” kata Presiden IVAO Indonesia, Yusuf Budi.

Dalam Pusdirga Flying Experience 2017 semua yang berkaitan dengan aviasi ada disini, mulai dari simulasi sampai hobi profesional lainnya juga pameran peralatan simulasi di beberapa gerai. Sebagai wadah belajar, Pusdirga juga membuka kelas untuk masyarakat belajar mengenal lebih dalam tentang dunia aviasi secara gratis.

Sebagian anggota IVAO yang berpartisipasi dalam IVAO di Pusdirga Flying Experience 2017. Sumber gambar: Fida Perkasa
Sebagian anggota IVAO yang berpartisipasi dalam IVAO di Pusdirga Flying Experience 2017. Sumber gambar: Fida Perkasa

Sebagai komunitas dunia maya, IVAO menjadi wadah mengenal aviasi secara virtual dengan dokumen-dokumen yang disusun berdasarkan pada kondisi sesungguhnya. Anggotanya dapat melakukan simulasi sebagai ATC maupun pilot secara gratis dengan komputer/laptop pribadi.

IVAO Indonesia sendiri sering berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan aviasi, tidak hanya di Pusdirga. Di berbagai daerah di Indonesia pun demikian karena anggota IVAO yang tidak sedikit dan berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Author: Fida Perkasa