Kejuraan Paralayang Majalengka Sukses Libatkan Atlet Mancanegara

735
Sumber gambar: Gendon Subandono

Acara kejuaraan paralayang di Indonesia yang bertajuk Paragliding Trip of Indonesia (TROI) Seri 1 2017 digelar di Gunung Panten, Majalengka, Jawa Barat (14 hingga 16/4/2017) lalu diikuti oleh peserta dari lima negara, yakni, Australia, Korea Selatan, Filipina, Singapura, dan Indonesia.

Kehadiran para atlet paralayang dari luar negeri itu menunjukkan bahwa konsep olahraga dirgantara (ordirga) paralayang Indonesia sebagai kegiatan wisata udara telah menunjukkan hasil.

Apalagi Singapura yang  tidak memiliki gunung ternyata mengirimkan sejumlah atlet paralayang dan bisa “dipancing” untuk latihan di Indonesia dengan status turis.

Sebagai lomba kejuraan paralayang yang mengutamakan pembinaan kepada para atlet junior, sejumlah atlet paralayang Indonesia yang berkualifikasi dunia juga turut mengikuti lomba.

Salah satunya adalah  atlet paralayang asal Malang, Jawa Timur yang memiliki prestasi kualifikasi dunia, Permadi Chandra Buana.

Acaca TROI di Majalengka juga tergolong kejuaraan paralayang yang sukses karena diikuti lebih dari 350 atlet. Jumlah peserta itu merupakan yang terbesar selama penyelenggaraan TROI yang dimulai tahun 2014.

Nomor pertandingan yang dilombakan antara lain kategori senior putera dan puteri, junior putera dan puteri, tandem, serta lomba “terbang gembira” ketepatan mendarat yang diikuti para peserta di atas usia 50 tahun.

Author: A Winardi