Gelar Aksi Bela Negara 2017 Akan Dimulai di Manado

862
bela negara
Menteri Pertahanan RI, Ryamizard Ryacudu. Sumber gambar Ery

Program Bela Negara merupakan program prioritas dan unggulan Kementerian Pertahanan yang mendapat dukungan dari berbagai pihak di tanah air. Salah satunya adalah pemerintah dan masyarakat kota Manado, Sulawesi Utara yang akan menggelar giat Aksi Bela Negara 2017 bulan ini.

Giat Aksi Bela Negara tersebut akan diselenggarakan pada 20 April dan akan dihadiri oleh Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu. Manado juga akan menjadi tempat pusat diselenggarakannya peringatan ke-69 Hari Bela Negara pada 19 Desember mendatang.

Bersamaan dengan giat Aksi Bela Negara Tersebut, akan pula dilaksanakan serangkaian kegiatan Parade Kerukunan Antar Umat Beragama, Etnik Budaya Indonesia.

Baca Juga:

Kemhan Bangun Pusdiklat Bela Negara Seluas 21,33 Hektare

Bela Negara Jangan Tendensius

Dengan menjadi lokasi dimulainya giat Aksi Bela Negara tahun ini di Sulawesi Utara, dinilai sangat tepat. Karena provinsi tersebut merupakan pintu gerbang Indonesia di wilayah bagian timur.

Giat Aksi Bela Negara diselenggarakan bertujuan untuk menumbuhkembangkan semangat serta kesadaran bela negara kepada masyarakat, khususnya di daerah.

Program Bela Negara merupakan bentuk revolusi mental sekaligus untuk membangun daya tangkal bangsa terhadap kompleksitas dinamika ancaman. Selain itu, program prioritas Kemhan ini juga sekaligus untuk mewujudkan ketahanan nasional yang kokoh.

Baca Juga:

Birokrat pun Banyak Tak Paham Soal Bela Negara

Menhan: Mari Sempurnakan Paham Bela Negara

“Bela negara ini menyangkut agar bangsa ini bisa bersatu. Yang namanya warga negara kesatuan Republik Indonesia, entah keturunan Cina, Arab, ya sama, enggak ada dibeda-bedain,” tegas Ryamizard kepada awak media di kantornya, Senin (17/4/2017).

Ia menambahkan, makanya dalam Pancasila itu kan ada sila ‘Ketuhanan Yang Maha Esa’, enggak boleh itu membeda-bedakan. “Intinya adalah Pancasila, Pancasila itu Bhineka Tunggal Ika, yang bermacam-macam jadi satu,” jelasnya.

Baca Juga:

Tiga Hal Ini yang Difokuskan untuk Sukseskan Program Bela Negara

Menhan Ryamizard: Bela Negara untuk Hindarkan Ancaman

Nilai-nilai bela negara sangat penting untuk ditanamkan sebagai landasan sikap dan perilaku bangsa Indonesia. Diharapkan dengan pembinaan bela negara ini akan menjadi potensi bangsa Indonesia untuk membangun diri menjadi negara yang mandiri.

Author: Fery Setiawan