Enam Langkah Mudah Membersihkan Senapan M16

19502
senapan m16
Senapan M16 yang dimodifikasi oleh AKBP Untung Sangaji. Sumber gambar: JR Nugroho

Senapan M16 kiranya telah digunakan secara berkelanjutan oleh militer Amerika Serikat (AS), sejak pertama kali senapan ini diperkenalkan pada tahun 1964. Seiring perjalanan keberadaannya, M16 dikenal sebagai senapan yang memiliki tingkat akurasi melebihi rival abadinya, AK-47. Dengan demikian, keberadaan M16 bisa dibilang menjadi momok yang patut diperhitungkan bila ditemui di medan laga.

Jika memiliki senapan anyar tentara AS ini, Andapun wajib untuk memperlakukan senapan ini dengan baik, walau memang senapan ini memang cukup ganas dalam menggigit target yang tergambar dengan jelas di pisir atau scope. Untuk merawat senapan ini, tentunya Anda dapat mengikuti enam langkah mudah berikut untuk menjaga M16 agar tetap memiliki kondisi yang prima untuk memukul sasaran.

Baca Juga:

Ini Bukti Polri Piawai Modif Senapan M16

Batal Pesan Ribuan Pucuk M16 AS, Duterte Siap Beli Senjata Rusia

Langkah 1

Pastikan senapan bersih dan laras mengarah ke depan serta dalam kondisi yang aman (safe). Oles bagian luar senapan dengan lap kering untuk menyingkirkan semua debu, kotoran, maupun minyak yang menempel.

Langkah 2

Bongkar dan bersihkan senapan dengan cara melepaskan pin yang mengikat upper dan lower receiver, kemudian tarik handle untuk melepaskan.

Langkah 3

Bersihkan upper receiver dengan lap. Gunakan penyeka kapas untuk membersihkan mekanisme trigger.

Baca Juga:

AK-47, Senapan Pemusnah Hasil Perselingkuhan StG-44 dan M1 Garand

Jawab Tantangan Bundeswehr, HK Rilis HK433

Langkah 4

Bersihkan bolt dengan melepas penahan pin dari penahan bolt. Geser firing dan cam pins ke luar, lalu geser bolt dari bolt carrier. Bersihkan semua dari karbon dan kotoran dengan kapas.

Langkah 5

Masukan kain pembersih laras ke batang laras, kemudian sikat laras dari ujung hingga ke pangkal. Ulangi berkali-kali hingga yakinbahwa sudah bersih.

Langah 6

Oleskan lapisan tipis CLP atauminyak lainnya yang dianjurkan untuk digunakan untuk M16 ke seluruh bagian senapan yang telah selesai anda rakit kembali.

Baca Juga:

Mau Mahir Menembak? Anda Perlu Coba Teknik Menembak ‘Nabitepi’

Mau Belajar Bongkar Pasang Tangfoglio P21 L? Lihat Ini Dulu..

Author: Beny Adrian & Ery