DJI Rilis Kacamata untuk Kendalikan Drone

1113
Foto: Digitaltrends.com

Siapa tak kenal DJI? Produsen wahana terbang nirawak asal China ini terus melakukan terobosan dalam industri drone. Baru-baru ini DJI merilis sebuah kacamata yang mampu mengendalikan drone buatannya.

Konsep pengembangan kacamata ini berasal dari kacamata First Person View (FPV) yang selama ini hanya digunakan menjadi “mata” pengguna saat menerbangkan drone mereka. Kekurangan kacamata FPV konvensional, para pengguna harus tetap menggenggam remot pengendali konvensional.

Pihak DJI kemudian berpikir untuk menyederhanakan operasional penerbang drone dengan menggabungkan fungsi pengawas dan pengendali dalam satu headset.

DJI Goggles dapat menyediakan gambar berkualitas 1.920 x 1.080 piksel dengan kecepatan 60 frame per detik. Jika terasa berat, kualitas gambar bisa diturunkan menjadi 720 piksel.

Sumber gambar: wetalkuav.com
Sumber gambar: wetalkuav.com

Saat mode pengendali diaktifkan, pengguna DJI Goggles tinggal mengangguk dan menengokkan kepala untuk mengendalikan drone mereka.

Misalnya, untuk gerakan naik dan turun, si pengguna tinggal mengangguk kepala ke atas dan ke bawah. Begitu juga jika ingin membelokkan drone, pengguna tinggal menengok ke kanan atau ke kiri.

Menurut pihak DJI, headset ini bisa dihubungkan hampir ke seluruh umit drone buatan DJI, seperti keluarga Phantom 4 dan Inspire 2. DJI Mavic Pro bahkan bisa dihubungkan dengan dua headset kacamata sekaligus.

DJI Goggles akan dirilis akhir bulan Mei mendatang dengan harga sekitar Rp 5,9 juta.

Author: Remigius Septian