Bertitel Pharmacist, Namun Gadis Ini Lima Kali Juara Dunia Aerobatik

2817
juara dunia
Svetlana Kapanina. Sumber gambar: Vimeo

Gadis dikenal dengan julukan ‘The Siberian Angel’ ini lahir di Shchuchinsk, Republik Kazakhstan. Sejatinya gadis ini adalah seorang yang belajar ilmu farmasi dan lulus dari sekolah kesehatan. Walau berhasil lulus dengan titel pharmachist, namun gadis ini ternyata pernah menyabet gelar juara dunia aerobatik sebanyak lima kali.

Pada tahun 1991 Svetlana Kapanina berusia 23 tahun. Gadis yang tinggal dan menetap di Rusia ini namanya di dunia farmasi tidak seharum namanya di dunia aerobatik. Pada tahun tersebut, gadis berambut blonde panjang ini tercatat telah berhasil menjuarai Absolute Aerobatic Champion of Rusia.

Debut istri dari atlet Kick-boxer ini di dunia kedirgantaraan dimulai pada tahun 1988. Saat itu merupakan tahun dimana Svetlana pertama kali menerbangkan pesawat. Dalam wawancaranya dengan majalah Aero Australia pada tahun 2006 seusai ia memukau ribuan pasang mata dalam ajang Warbird over Wanaka, Selandia Baru, Svetlana mengatakan, “Di Rusia, seorang suami memiliki istri pilot sungguh sesuatu yang amat berbeda.”

Dalam kesempatan tersebut ia juga sedikit menceritakan, di ajang tersebut ia sempat berduel sengit di udara dengan juara aerobatik dunia asal Lithuania, Jurgis Kairys. Saat duel hebat itu terjadi, Svetlana menunggangi Su-29 berkursi ganda, sementara Jurgis beraksi dengan Su-26 berkursi tunggal.

Dalam kecepatan tinggi dan gaya gravitasi antara +12g hingga -10g, Svetlana dengan pria berkebangsaan Lithuania tersebut terus melakukan kucing-kucingan dengan sangat mendebarkan. “Inilah olahraga yang membuat adrenalin orang naik,” tutur Svetlana.

Karirnya di dunia aerobatik makin melejit kala ia bergabung dengan Russian Aerobatic Joint Crew. Ia kemudia merambah lomba dan berhasil mengantongi medali perak di ajang European Aerobatic Championship tahun 1993.

Pada tahun berikutnya Svetlana memantapkan lagi ilmu kedirgantaraannya di Kaluga Pilot’s School, tempat yang dikenal sebagai Cradle of Cosmonautics. Setelah lulus, namanya makin mengangkasa dan kemampuannya dalam aerobatik makin fantastis.

Tahun 1996, ia berhasil meraih posisi puncak pada kejuaraan aerobatik dunia kategori wanita yang diselenggarakan Federasi Aeronautik Internasional (FAI). Lima kali berturut-turut Svetlana berhasil menyabet gelar juara yang sama pada tahun 1996, 1998, 2001, 2003 dan 2005.

Berbagai penghargaan juga pernah ia raih. Tahun 2002 ia meraih penghargaan For Service to Motherland. Berselang tiga tahun, Svetlana meraih penghargaan Award of Honor.

Author: Roni Rontani & Fery Setiawan