Bawa Koper di Pesawat? Baca Dulu Hal-Hal Penting Ini

1712
Sumber gambar: time.com via aviation stack exchange

Berpergian dengan pesawat terbang sudah menjadi hal yang umum di masyarakat kita. Namun, ada yang sering kali kita tidak perhatikan saat berpergian dengan pesawat, yaitu memilih dan mengatur barang bawaan di tas atau koper.

Walau amat sederhana, namun kesalahan pengemasan barang bawaan dan pemilihan koper akan mengakibatkan barang bawaan Anda rusak, atau malah tertukar dengan penumpang lain.

Apa tips agar barang bawaan Anda ikut selamat sampai tujuan? Berikut ulasan Angkasa.

Pilih Koper Warna Cerah

Memang untuk beberapa orang warna-warna cerah merasa kurang pas membawa barang berwara cerah, apalagi jika perjalanan itu dilakukan untuk kepentingan bisnis. Namun, koper-koper berwarna cerah akan memudahkan Anda menemukan koper yang Anda bawa saat di bandara tujuan.

Selain itu, dengan memilih warna-warna cerah, apalagi yang memiliki desain unik, Anda telah meminimalisir kemungkinan koper tertukar.

Pilih Koper yang Ringan

Selain warna yang cerah, pilihlah koper-koper yang tidak terlalu berat. Saat ini banyak pilihan koper dengan material yang ringan namun sangat kuat. Beberapa merek bahkan berani memberikan garansi bertahun-tahun.

Catat Barang Bawaan

Catatlah apa yang ingin Anda bawa saat berpergian. Catat juga mana barang yang akan Anda taruh di koper dan mana yang Anda bawa di tas pribadi ke dalam kabin pesawat. Ingat, barang-barang kecil seperti sikat gigi, sabun, atau handuk punya kemungkinan tertinggal yang tinggi.

Gulung Pakaian

Trik ini amat ampuh untuk menyiasati keterbatasan ruang di koper Anda, ketimbang jika Anda melipat seluruh pakaian yang dibawa.

Selain bisa membawa lebih banyak barang, menggulung pakaian juga bisa memudahkan keamanan bandara untuk memeriksa koper Anda jika diperlukan pemeriksaan lebih lanjut.

Manfaatkan “Ruang Mati”

“Ruang Mati” adalah sebutan untuk celah-celah kecil di antara gulungan pakaian di dalam koper. Celah-celah ini bisa Anda manfaatkan untuk menaruh pakaian dalam, sikat gigi, atau barang bawaan kecil lainnya.

Bungkus Kembali Seluruh Cairan

Kadang Anda merasa sabun, shampoo, atau parfum yang dibawa sudah Anda tutup rapat. Tapi begitu tiba di tempat tujuan seluruh cairan itu tumpah dan membasahi seluruh barang yang ada di koper.

Maka itu, pakailah tas kecil yang kedap air untuk membungkus barang-barang yang bersifat cair.

Pilih Ebook atau Fotokopi

Ada buku yang harus Anda bawa? Agar tetap ringkas, fotokopi saja bagian-bagian yang belum Anda baca, atau yang sangat perlu Anda baca. Atau, cara lain tentu dengan memilih buku digital (E-book).

Timbang Berat Bawaan

Setelah semua barang disusun ke dalam koper, ada baiknya jika Anda menimbangnya lebih dahulu sebelum berangkat ke bandara. Jangan sampai bobotnya melebihi yang batas yang ada, terutama jika Anda ingin membawa koper itu ke dalam kabin.

Dandani Koper

Selain warna yang cerah, Anda juga bisa mendandani koper Anda dengan stiker, gantungan kunci, atau mantel koper yang khas. Tujuannya agar Anda mudah menemukannya di bagian pengambilan bagasi dan tidak tertukar dengan koper orang lain.

Sedia Pakaian Cadangan

Walau kemungkinannya kecil, namun kadang kita mendengar kabar soal koper yang hilang atau salah pesawat.

Untuk mengantisipasi hal itu, sediakanlah satu atau dua pasang pakaian yang dibawa ke dalam kabin.

 

Author: ADV/Remigius Septian