Ayo ke Dirgantara Expo, Beli Suvenir dan Foto Selfie

936
KSAU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto melihat stan JAT di Dirgantara Expo 2017. Sumber gambar: Suharso Rahman

Stan Jupiter Aerobatic Team (JAT) yang menjual pernak-pernik Tim Aerobatik TNI AU termasuk kaos dan topi, pada penyelenggaraan Dirgantara Expo tahun lalu kehabisan stok dagangan akibat diborong oleh para pengunjung. Tahun ini stan JAT kembali hadir pada penyelenggaraan Dirgantara Expo 2017 di Terminal Selatan, Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pada 20-23 April.

Selain stan JAT, terdapat juga stan-stan lainnya baik yang menjual suvenir militer maupun memamerkan alutsista serta produk industri. Korps Pasukan Khas TNI AU menampilkan beberapa persenjataan yang dimiliki. Ada juga stan PT Dirgantara Indonesia, PT Info Global, Litbangau, Airnav, STPI, dan lainnya.

Litabangau menampilkan sejumlah produk bom untuk TNI AU. Sumber gambar: Roni Sontani
Litabangau menampilkan sejumlah produk bom untuk TNI AU. Sumber gambar: Roni Sontani

Di luar tenda pameran, pengunjung bisa berswafoto (selfie) dengan latar belakang pesawat-pesawat TNI AU atau kendaraan lain yang dipajang. Beberapa pesawat angkut, helikopter, dan pesawat tempur ditampilkan secara statik dalam acara tersebut. Untuk menjaga keamanan, pesawat memang diberi batas pagar, namun tetap masih bisa disaksikan dalam jarak dekat oleh pengunjung.

TNI AU juga menyuguhkan terbang lintas (flypass) pesawat tempur F-16 yang kebetulan tengah melaksanakan misi di Jakarta. Kemudian ada formasi udara oleh tim helikopter Dynamic Pegasus EC-120B Colibri, terjun payung, serta pertunjukan aerobatik oleh JAT. Tampak pula pesawat tempur Su-27/30 Skadron Udara 11 yang dipamerkan secara statik.

Pesawat F-16 melakukan penerbangan sekaligus menghibur pengunjung Dirgantara Expo. Sumber gambar: Suharso Rahman
Pesawat F-16 melakukan penerbangan sekaligus menghibur pengunjung Dirgantara Expo. Sumber gambar: Suharso Rahman

Selama empat hari penyelenggaraan mulai Kamis hingga Minggu pukul 08.00-22.00 WIB, panitia juga menyelenggarakan beragam kegiatan lainnya seperti ngopi bareng 2.000 cangkir, pameran mobil/motor komunitas, pemilihan putra-putri dirgantara, panggung hiburan, dan lainnya. Tersedia pula stan-stan makanan bagi pengunjung yang sekalian ingin wisata kuliner.

KSAU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto usai membuka penyelenggaraan Dirgantara Expo di Lanud Halim pada Kamis pagi menyatakan, kegiatan dilaksanakan dalam rangkaian Bulan Dirgantara Indonesia untuk semakin mendekatkan TNI AU kepada masyarakat sekaligus memberikan edukasi serta wawasan mengenai kedirgantaraan. “Tidak hanya di Halim, kegiatan serupa juga telah dan akan dilaksanakan di berbagai Pangkalan TNI AU di kota-kota lainnya,” ujarnya.

Foto di depan heli. Sumber gambar: Roni Sontani
Foto di depan heli. Sumber gambar: Roni Sontani

“Sialakan datang ke Terminal Selatan Lanud Halim. Bagi pengunjung yang beruntung, bisa ikut joyflight menggunakan helikopter atau pesawat angkut TNI AU,” tambah KSAU.

Kadispenau Marsma TNI Jemi Trisonjaya dalam tayangan di kanal yuotube juga mengajak seluruh warga Jakarta dan sekitarnya, maupun mereka yang berasal dari kota-kota lain, untuk datang ke Terminal Selatan Lanud Halim Perdanakusuma. “Kami tunggu kedatangannyha pada tanggal 20-23 April,” ujar Jemi.

Author: Roni Sontani