Atlet Paralayang Wanita Indonesia Rebut Juara Tiga Kejuaraan Albania

341
Rika Wijayanti di urutan ketiga. Sumber gambar: Gendon Subandono

Setelah bertarung ketat dalam pertandingan paralayang kelas ketepatan mendarat tingkat dunia, PGAWC/World Paragliding Accuracy Championship IX 2017 di Albania, Eropa Timur  (5-14/5), atlet paralayang putri, Rika Wijayanti (23) berhasil menyabet juara III.

Prestasi yang berhasil diraih Rika yang juga atlet paralayang dari Malang, Jawa Timur ini termasuk luar biasa karena Rika baru pertama kalinya mengikuti kejuaraan paralayang tingkat dunia.

Butuh perjuangan keras bagi Rika untuk mendapatkan posisi juara ketiga. Ia harus bertanding sebanyak 9 kali penerbangan dalam babak final melawan atlet-atlet kelas dunia dari 28 negara.

Para atlet paralayang kelas dunia yang menjadi lawan berat bagi Rika adalah dari Thailand, Ceko, China, dan Serbia. Untuk urutan juara pertama ketepatan mendarat kelas putri, posisi nomor 1 diraih Thailand (Nunapat) dan posisi nomor 2, Ceko (Marketa).

Selain mengirimkan para atlet wanita, tim paralayang Indonesia juga mengirimkan sejumlah atlet paralayang pria yang nyaris meraih juara III.

Awalnya tim paralayang pria dari Indonesia dan tim paralayang pria dari Ceko memiliki nilai sama. Untuk mendapatkan juara III, pertandingan tim dari dua negara itu pun diulang. Namun, nomor juara III ternyata berhasil diraih tim dari Ceko.

Author: A Winardi