Serunya Nonton Aerobatik Glider

1011

Keberadaan pesawat terbang layang (glider) memang sudah puluhan tahun populer di telinga orang Indonesia. Tapi bagaimana dengan atraksi glider, alias glider aerobatic? Tentu masih sangat asing di telinga orang Indonesia, atau mungkin malah tidak percaya kalau glider bisa melakukan atraksi udara sepert jet-jet tempur.

Tak terbayangkan pesawat yang biasa digunakan hanya untuk terbang secara normal harus melakukan manuver-manuver yang tidak lazim. Padahal kita tahu pesawat jenis ini untuk dapat terbang hanya mengandalkan pada udara panas (thermal). Di sinilah uniknya, jika seorang pilot pesawat pada umumnya mengandalkan tenaga pada mesin pesawatnya. Maka seorang pilot glider harus benar-benar paham cuaca di sekitarnya untuk mendapatkan thermal yang baik, karena tanpa mendapatkan thermal yang baik dia tidak dapat berbuat banyak.

aerobatik glider 2Memang saat ini teknologi begitu majunya sehingga memungkinkan pesawat tanpa mesin melakukan atraksi udara yang tadinya hanya dapat dilakukan oleh pesawat biasa. Di beberapa negara Glider Aerobatic ini sudah mulai dikompetisikan. Di Inggris salah satunya, yang menyelenggarkan lomba aerobatik Glider  British Air Display Association (ABDA). Lebih dari 3,5 juta orang di Eropa pada tahun lalu menyaksikan pertunjukan ini.

salah satu yang menarik adalah digunakanya asap dan kembang api di kedua ujung sayap. Sehingga aerobatik glider dapat terlihat lebih cantik walaupun pesawat itu berada pada ketinggian maksimal. Pengemar fotografi pun banyak yang tak mampu melewatkan acara ini karena banyak momen-momen menarik yang dapat diabadikan.

aerobatik glider 1

Untuk menyelengarakan aerobatik Glider tidaklah serumit pertunjukan aerobatik pada umumnya. Bahkan Glider FX Display Team di Inggris sudah melakukan pertunjukan sampai ke Timur Tengah hanya untuk memeriahkan pesta ulang tahun atau pesta pernikahan.

Sebenarnya di sini beberapa orang atlet terbang layang dari FASI Jakarta Raya pernah melakukannya, walaupun masih terbatas, saat acara kedirgantaraan seperti Jakarta Aero Sport (JAS). Tapi sayang karena acara seperti ini sangat langka untuk disaksikan rasanya kecil kemungkinannya kita dapat menyaksikan Glider Aerobatic yang spektakuler di sini.

Author: Harzan Djajasasmita