Modeler Ditantang Pamer Karya di Peringatan Perang Patriotik Agung

2016
Beberapa modeler yang ikut ambil bagian dalam peringatan Perang Patriotik Agung. Sumber Foto: Danumurthi Mahendra

Penggiat scale model, atau yang lebih populer dengan sebutan model kit, mendapat kehormatan untuk memamerkan karya mereka dalam peringatan Perang Patriotik Agung Rusia di Pusat Kebudayaan Rusia, Jakarta (9/5/2016). Dalam peringatan ini, para modeler memamerkan alutsista-alutsista khas Rusia dar zaman ke zaman.

“Awalnya ditawari seorang staf kedutaan (Rusia) yang jadi klien saya. Dia tahu saya hobi model kit, kemudian mengajak buat memamerkan karya teman-teman. Ini pertama kali kami ikut acara yang bertaraf internasional,” ujar Yudi Dupala, salah satu modeler yang ikut serta dalam peringatan ini.

Model kit dari pesawa-pesawat rusia dipamerkan kepada para pengunjung Pusat Kebudayaan Rusia. Sumber gambar: Ery
Model kit dari pesawa-pesawat rusia dipamerkan kepada para pengunjung Pusat Kebudayaan Rusia. Sumber gambar: Ery

Dari pantauan Angkasa, setidaknya ada 15 jenis tank, 10 pesawat, satu kapal perang, dan satu rudal buatan Rusia yang ikut dipamerkan. Menurut Yudi, total ada sekitar 10 modeler yang diikutsertakan dalam pameran ini.

Yudi juga mengatakan, ini adalah kesempatan dan juga sebuah pengakuan dari komunitas luar negeri terhadap karya modeler Indonesia. Sayangnya, di kesempatan pertama ini Yudi mengaku, teman-teman modeler kurang maksimal dalam menampilkan karyanya karena mereka hanya memiliki waktu kurang dari dua bulan. Sehingga mereka fokus mencari model kit yang memang sudah dibuat sebelumnya.

“Kami berharap selanjutnya bisa ikut acara-acara seperti ini di pusat kebudayaan lainnya, sepert Jerman, AS,” tambah Yudi.

Tank-tank buatan Rusia juga memenuhi lemari pajang di tengah ruangan. Sumber gambar: Ery

 

 

Author: Remigius Septian