Manuver Gila Di Atas Sungai Danube

684

 

Sebuah Airbus A-320-232 dengan registrasi HA-LYA milik Wizz Air, melakukan demo terbang rendah di atas Sungai Danube di Kota Budapest, Hongaria pada 1 Mei 2014.

 

Demo yang terkesan gila-gilaan ini merupakan bagian dari sebuah pertunjukan udara yang sedang berlangsung di kota tersebut, bertajuk Budapest Air&Car Show (Nagy Futam). Demo yang berlangsung pada pukul 13.07 siang ini memang hanya berlangsung dalam hitungan menit. Namun untuk tampil apik, persiapan yang dilakukan pilot Captain David Morgan dan Kopilot Andras Arday tentunya tidak sesederhana ketika kita menyaksikan demonya.

 

Disaksikan ribuan penonton di sepanjang Danube yang melintas di Budapest, tampak pesawat berbadan lebar dari maskapai berpredikat low-cost ini melakukan terbang lintas dengan ketinggian sangat ekstrem di atas sungai. Manuver ini dilakukan beberapa kali dengan ketinggian berbeda. Salah satu manuver yang terlihat sangat berbahaya adalah ketika pesawat melintas hanya puluhan meter dari permukaan tanah, di antara dua pilar jembatan yang berada di atas sungai. (Harzan Djajasasmita)

 

–Tulisan selengkapnya dapat dibaca di Maj. Angkasa edisi Februari 2015–

Author: