Robot Dogo, Evolusi Pertempuran Jarak Dekat

1708

General Robotics, Ltd, salah satu perusahaan pengembang teknologi robot asal Israel berhasil mengembangkan sebuah robot yang bakal sangat berguna untuk kebutuhan pertempuran jarak dekat. Tidak cuma menjadi mata bagi pasukan pendobrak, robot bernama Dogo ini juga telah dilengkapi sepucuk pistol Glock 9mm untuk mengeksekusi musuh secara langsung.

Dogo di-deploy saat suatu tim pendobrak hendak melakukan breaching ke dalam ruang musuh. Bentuk Dogo yang kompak memungkinkannya untuk dibawa di dalam sebuah tas punggung. Dengan berat yang tak lebih dari 12 kg, Dogo dapat dengan mudah bergerak di segala medan, menembus ruang tempat musuh berlindung dengan mudah.

“Belum ada robot yang bisa melumpuhkan musuh seperti ini di dunia,” ujar Shahar Gal, Vice President for Business Development General Robotics,Ltd.

Selain bisa dilengkapi dengan pistol Glock, perut Dogo juga bisa diisi oleh pepper spray, atau senjata lain yang lebih ringan. Untuk pengendaliannya sendiri, operator Dogo bisa menggerakan unit robot itu melalui sebuah tablet. Tak hanya satu, tablet itu bahkan bisa menggerakkan empat Dogo sekaligus. Untuk operasi pembebasan sandera misalnya, negosiasi sangat dimungkinkan dengan adanya perangkat komunikasi dua arah yang terpasang di bagian depan Dogo.

Author: Remigius Septian