Mengenal Pasukan Intelijen Tempur Super Rahasia

38529
Pasukan Intelejen Rahasia
Angkasa/JR. Nugroho

Intelijen merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah negara. Intelijen berfungsi sebagai mata dan telinga pemerintah untuk menentukan sebuah kebijakan. Setiap negara pasti mempunyai pasukan intelijen, namun hanya beberapa negara yang memiliki pasukan intelijen tempur super rahasia.

Intelijen sendiri terbagi atas dua jenis intelejen sipil dan militer, yang masing-masing memiliki fungsi dan peranan yang berbeda. Sebagai pasukan intelijen kerahasiaan merupakan “nafas utama”, dan berikut ini pasukan intelijen yang sepak terjangnya sudah mendunia dan sulit diungkap keberadaanya dan aksinya dalam medan tempur.

Penyelesaian tugas yang tanpa diketahui merupakan sebuah keberhasilan mutlak pasukan ini. Berikut merupakan pasukan intelijen tempur super rahasia yang ada di dunia.

Intelijen Israel

Pasukan Intelejen Rahasia
Sumber gambar: haaretz.com

Seorang agen intel Israel yang bertugas sebagai pengintai, tertangkap kamera cctv ketika dalam misi melakukan pembunuhan seorang petinggi Hamas Mahmoud al-Mabhouhdi Dubai pada tahun 2010.

Agen tersebut terlihat membawa sebuah raket tenis, yang didalamnya terdapat alat komunikasi khusus. Mossad dan Shinbet merupakan satuan intelejen asal Israel yang bertugas untuk melakukan operasi dan misi khusus yang tidak lazim, salah satunya adalah eksekusi target terpilih.

Inilah salah satu aksi Mossad saat mengeksekusi salah satu pemimpin Hamas di Dubai. Kita bisa bayangkan betapa rapihnya aksi mereka. Kemampuan induvidu dan tim ini didukung juga oleh tingginya teknologi yang digunakan.

Author: JR Nugroho