Bandara Istanbul Dibom Bunuh Diri

1281
Photo: Twitter/‏@IraqiSecurity

Lagi-lagi bandara di Eropa menjadi sasaran teror. Setelah di Bandara Zaventem, Brussel- Belgia pada Maret lalu, kali ini bandara terbesar di Turki, Istanbul Ataturk International Airport diserang bom bunuh diri pagi ini (28/6 waktu setempat atau 29/6 WIB). Tidak hanya itu, menurut saksi mata pengunjung bandara yang dikutip oleh CNN, sang peneror terlebih dulu menembakkan senapan Kalashnikov-nya sebelum meledakkan dirinya sendiri.

Akibat serangan ini, Perdana Menteri Turki, Binali Yildirim menyatakan selain peneror, ada 36 orang tewas, dan 147 orang terluka.  Menurutnya, teror dilakukan oleh tiga orang yang semuanya tewas meledakkan dirinya.  “Para peneror datang ke bandara dengan menggunakan taksi,” ujarnya.

Para peneror diperkirakan dari kelompok ISIS (Islamic State of Iraq and Syria). “Mereka datang saat Turki sukses memerangi terorisme dan sedang menormalisasi hubungan dengan tetangga seperti Rusia dan Israel,” ujarnya lagi.

Sejauh ini, korban tewas bukan hanya warga Turki, juga warga negara asing yang saat itu sedang berada di bandara tersebut.  Hingga saat ini, KBRI Indonesia di Turki menyatakan tidak ada korban dari warga negara Indonesia.

Bandara Istanbul Ataturk merupakan bandara terbesar di Turki. Bandara tersibuk nomor tiga di Eropa setelah Bandara Heathrow, London dan Bandara Charles de Gaule, Paris ini pada tahun lalu melayani sekitar 61 juta penumpang. Dari sisi layanan, lembaga pemeringkat internasional Skytrax memberi tiga bintang pada bandara ini.

Author: Gatot R