Pesawat Garuda Nyaris Terbakar

13563

Pesawat Airbus A330-300 dengan nomor registrasi PK-GPR Garuda Indonesia  hampir saja terbakar pada Selasa malam (14/3/2017) sekitar pukul 23.30  WIB di parking stand G.39 apron Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. Kejadian ini akibat Ground Power Unit (GPU) yang dioperasikan groundhandling Gapura Angkasa (anak perusahaan Garuda)  yang akan melakukan pengisian tenaga listrik ke unit power listrik di pesawat tiba-tiba terbakar.

“Saat  teknisi  hendak memulai proses pengisian tenaga listrik,  muncul kepulan asap dari mesin GPU yang dengan cepat diiringi percikan api. Selanjutnya teknisi yang bertugas bersama –sama dengan petugas avsec dengan segera mengambil alat pemadam kebakaran dan dengan cepat memadamkan api guna mencegah kebakaran menjadi semakin membesar,” ujar VP Corporate Communications Garuda Indonesia Benny S Butar-Butar.

Menurut Benny, petugas juga memanggil unit mobil pemadam kebakaran untuk mencegah meluasnya kejadian tersebut. “Hanya dalam tempo kurang dari sepuluh menit, seluruh percikan api berhasil dipadamkan secara permanen,” lanjutnya.

Beruntung kebakaran tersebut tidak merembet ke pesawat yang jaraknya hanya beberapa meter saja dari pesawat. Hanya saja dari visual inspeksi  dilaporkan ada stain hitam  bekas asap pada fuselage span kanan dan tidak ada kerusakan lain.

Pesawat sudah  di towing ke hangar GMF untuk dilakukan detail inspection after heat stress. Laporan sementara pihak Garuda,  tidak ada kerusakan di pesawat. Namun demikian pesawat masih akan dicek lagi oleh GMF. Detil laporan  akan disampaikan oleh tim Garuda setelah detail inspection dilakukan. Dan tim Garuda  sedang melakukan komunikasi dengan tim dari Airbus untuk task inspeksinya.

Pesawat dengan nomor penerbangan GA421 tersebut terbang dari Denpasar dan mendarat di Bandara Soekarno Hatta pukul 19.24 WIB. Pesawat tidak ada rencana terbang lagi malam itu sehingga tidak ada penerbangan yang terlambat (delay).

“Namun demikian karena pesawat ini juga akan dipakai untuk menerbangi rute Jakarta-Singapura pada pagi ini, Garuda segera mengganti dengan pesawat cadangan. Sehinga  penerbangan rute Jakarta – Singapura bisa berangkat dengan on time pukul 06.10 WIB tadi pagi,” ujar Benny lagi.

garuda nyaris terbakar 2Terkait dengan kejadian tersebut, Garuda Indonesia akan menghentikan penggunaan GPU sejenis sampai dengan proses investigasi selesai dilaksanakan sebagai langkah corrective action yang dilaksanaan perusahaan.

Author: Gara