Penampakan Heli Tambun IMRH di Aero India 2017

1528
Warga antri untuk naik IMRH. Sumber gambar: Beny Adrian
Meski negaranya penuh dengan ketidakseimbangan antara “kaya dan miskin”, pameran penerbangan Aero India 2017 dipenuhi beberapa kejutan menyangkut pencapaian India. Seperti kita ketahui, India sudah mampu mengembangkan industri militer yang mandiri dengan terwujudnya sejumlah persenjataan hasil produk dalam negerinya.
Di antaranya jet tempur Tejas, roket berpemandu Pinaka, HTT-40 Basic Trainer, dan sistem kontrol mesin digital BARK-88.
Ketika Angkasa berkeliling di arena pameran dan memasuki Hall A/B, pemandangan takjub langsung di depan. Sebuah mock up helikopter berukuran raksasa terpampang. Puluhan warga India antri untuk bisa masuk ke dalam kabin.
Rupanya inilah helikopter yang dipertunjukkan ke umum oleh Menhan India Manohar Parrikar sebelumnya. Heli dengan dua mesin ini diberi nama Indian Multi Role Helicopter (IMRH).
BUMN India Hindustan Aeronautics Limited (HAL) menegembangkan IMRH berbobot 12 ton ini. Menurut data yang angkasa terima dari brosur, IMRH mampu terbang setinggi 20.000 kaki, membawa beban 3.500 kg dan kapasitas untuk 24 orang.
HAL berharap penerbangan perdana IMRH akan berlangsung dalam 6-7 tahun ke depan.india sendiri butuh lebih dari 400 heli serba guna. IMRH akan dioperasikan India sebagai pendamping heli Mi-17.
Author: Beny Adrian