Maskapai Manakah yang Paling Tepat Waktu di Dunia?

1088
Sumber gambar: godsavethepoints.com

OAG Punctuality League, lembaga analis perjalanan udara asal Inggris merilis nama-nama maskapai penerbangan yang memiliki performa ketepatan waktu terbang (On Time Performance/OTP) terbaik di dunia pada tahun 2016 lalu.

Berdasarkan hasil risetnya, OAG menobatkan Hawaiian Airlines menjadi maskapai penerbangan paling tepat waktu di dunia pada tahun 2016. Maskapai Asal Amerika Serikat (AS) tersebut tercatat tingkat ketepatan waktu terbang hingga 89,96%. Tahun sebelumnya Hawiian Airlines hanya menempati posisi ke sembilan.

Hawaiian Airlines melayani penerbangan dengan rute paling banyak menuju ke Jepang. Ia tercatat mendarat di bandara Haneda, Narita, Osaka, dan Sapporo.

Maskapai dengan OTP terbaik kedua ditempati oleh maskapai penerbangan Copa Airlines. Maskapai asal Panama City, Meksik, ini memiliki OTP 88,75%. Di tahun 2015 Copa Airlines juga menempati posisi yang sama.

Flag Carrier Belanda KLM berada di posisi terbaik ketiga dengan OTP sebesar 87,89%. Walau bukan menjadi yang terbaik, namun prestasi ini merupakan lompatan besar bagi KLM. Sebab, di tahun 2015 KLM hanya menempati posisi 12.

Dalam risetnya, OAG menerima data setidaknya 80% dari seluruh penerbangan berjadwal di dunia. Kontes ini tidak diikuti oleh maskapai-maskapai charter dan penerbangan berjadwal tanpa penumpang, seperti penerbangan kargo.

Total penerbangan yang menjadi obyek riset OAG mencapai 54 juta penerbangan selama setahun penuh. Hal itu dilakukan untuk menunjukkan kinerja bandara dan maskapai penerbangan terbaik yang dibagi ke dalam beberapa kategori.

OAG mendefinisikan OTP sebagai penerbangan yang datang atau berangkat dalam jangka waktu 15 menit dari jadwal waktu kedatangan atau keberangkatan. OAG juga memilih bandara paling tepat waktu di dunia pada tahun 2016. Predikat tersebut jatuh pada Bandara Internasional Juanda Surabaya.

Author: Remigius Septian