Kongres Dunia Manajemen Lalu Lintas Udara Pecahkan Rekor Peserta

608
lalu lintas udara
Sumber gambar: World ATM Congress

Kongkres Dunia ATM (Air Traffic Management) kelima memecahkan rekor jumlah peserta dengan peserta terdaftar 7.757 orang dan 230 peserta pameran dari 131 negara –tahun lalu 7.175 peserta dan 225 eksibitor dari 130 negara. Kongres terbesar di dunia berupa pameran manajemen lalu lintas udara itu berlangsung di Madrid, Spanyol, pada 7-9 Maret lalu.

“Kongres Dunia ATM terus tumbuh dan memperluas jangkauannya,” kata Peter F. Dumont, Presiden dan CEO ATCA (Air Traffic Control Association) di Madrid, Selasa (14/3).

Pada kongres tersebut peserta dapat mengetahui informasi tentang bagaimana menjaga wilayah udara negaranya, serta menumbuhkan bisnis dan tentang karier mereka. Bagaimana cara terbaik untuk menciptakan kebiasaan yang tepat dalam menghadapi perubahan yang dihasilkan teknologi terkini, seperti adanya drone, juga bagaimana berkompetisi dan meningkatkan kinerja di lapangan.

“Kongres ini juga mengajak pemerintah, industri, akademisi, dan pengguna dari seluruh dunia untuk meningkatkan keamanan dan efisiensi wilayah udara global. Sebagai bagian dari industri penerbangan dunia yang modern, Kongres Dunia ATM sudah menjadi perbincangan dan teknologi yang akan mempertajam dunia aviasi pada tahun-tahun mendatang,” ucap Dumont.

Kongres Dunia ATM dibuka resmi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Transportasi Spanyol, Íñigo de la Serna Hernáiz. Pembicara yang hadir adalah Komisaris Uni Eropa untuk Transportasi, Violeta Bulc, dan Chief Executive Officer IAG & Ketua Dewan Gubernur IATA, Willie Walsh.

Dalam kegiatan tersebut juga berlangsung beberapa acara, termasuk pemberian penghargaan European Commission’s Single European Sky Awards dan IHS Jane’s ATC Awards. Ada juga gelaran edukasi unggulan lebih dari 120 jam, seperti diskusi panel, presentasi teknis, serta demonstrasi dan peluncruan produk. Aktivitas ini diikuti hampir 100 profesional penerbangan dari kalangan industri, pemerintah, praktisi, dan lembaga pendidikan.

Direktur Jenderal CANSO (Civil Air Navigation Services Organisation) Jeff Poole mengatakan, “Kongres Dunia ATM diselenggarakan oleh industri untuk industri dan yang berkepentingan dalam memenuhi kebutuhan industri. Tahun ini, kontennya lebih kaya dari sebelumnya dalam segala hal. Para pemimpin penerbangan senior dan stakeholder penting lainnya hadir dan berbicara di hadapan masyarakat ATM serta berdiskusi agar ATM berkembang pada masa depan.”

Kongres Dunia ATM diselenggarakan  oleh CANSO yang bermitra dengan ATCA. Didukung sponsor dari Boeing, Indra, Leonardo, dan Thales. Kongres keenam nanti akan diadakan pada 6-8 Maret 2018.

Author: Reni Rohmawati