Ini Deretan Helikopter-helikopter Militer Tercepat Di Dunia

9345
helikopter-helikopter militer tercepat
Sumber gambar: flyawaysimulation.com

Begitu banyak produsen-produsen pesawat di dunia yang mampu menghasilkan berbagai produk-produk unggulannya. Negara-negara yang terdepan dalam bidang kecanggihan teknologi pesawat seperti Rusia, Amerika Serikat dan Perancis sudak tidak tiragukan lagi kemampuannya. Sebuah video yang diunggah pada awal Februari lalu mengkompilasi 10 helikopter militer tercepat di dunia. Berikut kita simak ulasan deretan helikopter-helikopter militer tercepat di dunia.

Boeing AH-64D Apache

helikopter-helikopter militer tercepat
Sumber gambar: trend.az

AH-64 atau Apache merupakan jenis helikopter serang. Dalam laman resminya, Boeing menyebutkan bahwa Apache mereka memiliki kemampuan untuk menemukan, menjejak dan kemudian menyerang target, baik siang maupun malam.

Dalam kondisi cuaca panas AH-64 Apache mampu terbang dengan kecepatan hingga 284 km/jam. Helikopter ini dimodali dua mesin General Electric T700-701C turbo-shaft yang masing-masing memberikan daya maksimum 1.890 hp.

Mil Mi-26

helikopter-helikopter militer tercepat

Helikopter yang memiliki kode NATO HALO ini merupakan helikopter angkut berat yang dirancang oleh Mil Moscow Helicopter Plant. Helikopter transportasi kelas berat ini seringkali disebut ‘Flying cow’ karena badannya yang besar. selain itu, helikopter ini memiliki daya angkutnya paling kuat di antara seluruh helikopter transportasi yang pernah dibangun Rusia.

Mi-26 mampu membawa hingga 90 personel dan kargo seberat 20.000 kilogram. Helikopter yang memiliki total panjang 40 meter ini memiliki kecepatan maksimum 295 km per jam dan jangkauan 1.920 kilometer.

Mi-28N Night Hunter

helikopter-helikopter militer tercepat
Sumber gambar: sputniknews.com

Mil Mi-28N merupakan helikopter jenis serang anti kendaraan lapis baja. Helikopter ini sengaja tidak dibekali kemampuan tranportasi karena difokuskan untuk mengoptimalkan kemampuan serangnya. Dengan disematkan dua mesin VK-2500 pada Mi-28N masing-masing memberikannya daya 2.200 hp.

Mesin yang disematkan itu membuat helikopter ini mampu mencapai kecepatan puncak di angka 300 km/jam. Tak hanya Mil Mi-28N yang memiliki kecepatan tersebut, ia pun memiliki pesaing berat seperti NH90 dan Ka-52 Alligator untuk kecepatan yang sama.

Kamov KA-52 Alligator

helikopter-helikopter militer tercepat
Sumber gambar: 42.tut.by

Helikopter serang Kamov Ka-52 ‘Alligator’ buatan biro desain Kamov Rusia ini memiliki ciri khas sistem rotor koaksial. Ka-52 Alligator didukung oleh dua mesin VK-2500 turbo-shaft, yang masing-masing memberikan daya 2.400 hp. Ka-52 Alligator merupakan pengembangan lanjutan dari helikopter Ka-50 ’Black Shark’ untuk memenuhi tuntutan Angkatan Udara Rusia dalam misi pengintaian dan misi tempur.

Dengan dua mesin VK-2500 turbo-shaft, Ka-52 Alligator mampu melesat di udara dengan kecepatan maksimum 300 km/jam. Helikopter ini mampu terbang di ketinggian lebih dari 5.000 meter dan mampu lepas landas dan mendarat dalam kondisi panas dan kondisi yang sangat dingin (musim salju).

Author: Fery Setiawan