China Berhasil Tebangkan Wahana Antariksa Tianzhou 1

880
Sumber gambar: tecake.com

Badan Antariksa China (CNSA) berhasil menerbangkan pesawat antariksa pengangkut barang Tianzhou 1 pada 20/4/2017 pukul 7.40 waktu setempat. Wahana pengangkut barang ini diluncurkan dari Pusat Peluncuran Satelit China (Wenchang Satellite Launch Center/WSLC) yang berada di pulau Hainan, China.

China mengembangkan wahana Tianzhou 1 sebagai pesawat antariksa tak berawak pertama mereka. Wahana ini merupakan awal dari rencana jangka panjang China untuk menempatkan stasiun luar angkasa beserta awaknya.

Wahana antariksa ini akan digunakan untuk wahana pembawa bahan bakar dan logistik seluruh keperluan stasiun luar angkasa beserta awaknya di masa depan.

Tianzhou 1 direncanakan akan bergabung dengan stasiun luar angkasa buatan China Tiangong-2. Stasiun luar angkasa itu sendiri baru akan diluncurkan pada September 2017 mendatang.

Penggabungan antara Tianzhou 1 dan Tiangong-2 ini akan merupakan uji coba untuk melakukan proses suplai bahan bakar dan logistik bagi stasiun luar angkasa tersebut. Uji coba itu akan dilakukan tiga kali dalam tiga bulan berturut-turut.

Secara fisik, Tianzhoun 1 memiliki tinggi 10,6 m, lebar 4,3 m, dan berat sekitar 13.000 kg. Tianzhou 1 mampu mengangkut muatan hingga 6.500 kg dengan 2.000 kg di antaranya digunakan untuk membawa propelan bagi stasiun luar angkasa.

Wahana antariksa Tianzhou 1 saat persiapan sebelum diluncurkan di laboratorium CNSA. Sumber gambar: spaceflightinsider.com
Wahana antariksa Tianzhou 1 saat persiapan sebelum diluncurkan di laboratorium CNSA. Sumber gambar: spaceflightinsider.com

Jika wahana pengangkut kargo ini berhasil sampai ke orbitnya, maka China akan mampu menerbangkan wahana antariksa tanpa intervensi manusia.

Selanjutnya, CNSA akan meluncurkan Hard X-Ray Modulation Telescope (HXRMT) pada bulan Mei mendatang.

Author: Remigius Septian