60% Kontribusi Pendapatan Non-Aeronautika AP II Tahun 2018

951
angkasa pura
Sumber gambar: Koran Jakarta

Pendapatan non-aeronautika PT Angkasa Pura (AP) II tahun ini diperkirakan  masih di bawah 50 persen dan baru pada tahun 2018 targetnya 60 persen. “Kami menargetkan kontribusi bisnis non-aeronautikal, seperti retail, jasa, properti, dan kargo, dapat  mencapai 60 persen pada tahun 2018,” ujar Muhammad Awaluddin, Presiden Direktur PT Angkasa Pura II dalam siaran pers kemarin (8/1).

Target tersebut, kata  Muhammad Awaluddin, optimis dapat dicapai karena mulai tahun ini  sejumlah bandara di bawah pengelolaan AP II beroperasi dengan terminal baru. Terminal-terminal baru tersebut juga diperkuat dengan infrastruktur digital yang membawa era baru pada pengelolaan bandara di Indonesia.

Infrastruktur digital tersebut bertujuan untuk peningkatan pelayanan serta mempermudah serta mempercepat proses bisnis. Intinya adalah untuk memaksimalkan kinerja bandara secara keseluruhan.

Baca Juga:

8 Bandara Angkasa Pura II Sandang Penghargaan Pelayanan Prima

Karyawan Angkasa Pura II Dan Airnav Akan Dilatih Ala Prancis

“Tahun ini kami menyiapkan belanja modal sekitar 9 triliun rupiah, yang alokasinya sebagian untuk memperkuat infrastruktur digital,” jelas Muhammad Awaluddin.

Terminal-terminal baru di sejumlah bandara itu memang dilengkapi fasilitas terkini. Di samping untuk meningkatkan pelayanan, juga mendukung pertumbuhan ekonomi dan pariwisata nasional.

AP II pun oprtimis dapat menarik 4 juta wisatawan mancanegara yang datang melalui terminal baru-terminal baru di bandara-bandara yang dikelolanya. Jumlah tersebut bertambah 600.000 wisatawan dari tahun 2016.

Baca Juga:

AP II Targetkan Pendapatan Rp 8,24 Triliun di Tahun 2017

AP II: Pergerakkan Penumpang Di Bandara Soekarno-Hatta Capai 2,78 Juta Penumpang

Bandara yang beroperasi dengan terminal baru pada tahun ini adalah Bandara Husein Sastranegara di Bandung, Bandara Depati Amir di Pangkalpinang, Bandara Silangit di Tapanuli Utara, Bandara Supadio di Pontianak, serta Bandara Soekarno-Hatta Terminal 3 khusus penerbangan internasional.

Trafik penumpang di seluruh (13) bandara yang dikelola AP II menembus angka 94,5 juta orang tahun 2016. Tahun ini, trafik penumpangnya diperkirakan mencapai 100 juta orang. Sementara trafik kargo akan didorong untuk menembus angka 800.000 ton –tahun lalu sekitar 600.000 ton.

Author: Reni Rohmawati