Uji Fungsi Pesawat AWACS Terbaru Rusia Akan Dilangsungkan Juli Mendatang

22378
pesawat awacs
Beriev A-100. Sumber gambar: Web-tribune

Pesawat AWACS (airborne early warning and control) terbaru Rusia, Beriev A-100 akan melakukan uji fungsi pada Juli mendatang. Kabar pengujian fungsi radar terbang itu diungkapkan oleh Wakil Menteri Pertahanan Rusia, Yuri Borisov, Kamis (16/3/2017).

“Beriev R & D Group di Taganrog (akronim Rusia: TANTK) merupakan salah satu pihak yang terlibat dalam pengembangan komplek radar peringatan dini,” ujar Borisov usai mengunjungi fasilitas produksi, seperti dikutip Kantor Berita TASS, Jum’at (17/2017).

“Ini merupakan prioritas dalam program negara untuk persenjataan. Saya dapat katakan pada Anda seluruh pekerjaan sedang berlangsung dengan ketat sesuai jadwal dan kami akan melakukan uji fungsi pada bulan Juli,” imbuhnya.

Baca Juga:
A-100LL ‘Laboratorium Terbang’ Terbaru Rusia yang Siap Mengudara
Rusia Siap Operasikan Pesawat Peringatan Dini Terbaru

A-100 memiliki berbagai karakteristik yang superior dibandingkan dengan kompleks lain yang sejenis dan tak hanya di Rusia, tapi juga di seluruh dunia.

Pesawat ini merupakan salah satu generasi baru dari pesawat AWACS yang mempunyai rugas melacak dan mengawal berbagai target udara dan kapal di permukaan. Pesawat jenis ini juga bertugas untuk memberitahu komando pusat terkait perubahan situasi dan kondisi di udara maupun di laut.

Beriev A-100 dapat digunakan untuk melakukan kontrol penuh pesawat jet tempur dan pesawat pemukul ketika dalam proses pelacakan di udara terhadap target udara, darat maupun maritim atau melakukan fungsi komando pusat.

Baca Juga:
E-2D Hawkeye Dikerahkan ke Pasifik Bulan Depan
Perangkat Mutakhir Il-22PP Mampu Butakan AEW & CS Pesawat Lawan

A-100 hasil pengembangan dari generasi sebelumnya, yakni Beriev A-50. Namun sejatinya A-100 merupakan keturunan dari Ilyushin Il-76, karena rancang dasar A-50 mengambil bentuk dari pesawat angkut itu. Ke depannya, peralatan yang dirancang untuk A-100 akan dipasangkan juga pada pesawat Il-76MD-90A (modernisasi Il-76).

Author: Fery Setiawan