Tiga Helikopter Militer Ini Unggul Sebagai Helikopter Serang

6841
helikopter serang
Sumber gambar: pinterest

Helikopter merupakan pesawat yang diklasifikasikan pesawat  yang memiliki sayap putar. Berbeda dengan pesawat yang dikenal pada umumnya yang memiliki sayap tetap atau fixed wing, helikopter menggunakan propeller atau rotor sebagai sistem yang berfungsi untuk menerbangkan dan sebagai daya dorong untuk menggerakkan pesawat ke arah manapun yang diinginkan.

Keunggulan helikopter mampu melakukan take off dan landing secara vertikal, sehingga tidak memerlukan landasan pacu untuk menerbangkannya dan bahkan mampu terbang mundur. Hal ini tidak dapat ditandingi pesawat yangmemiliki sayap tetap dari helikopter. Helikopter hanya memerlukan landasan pacu atau helipad paling tidak berdiameter seukuran total panjangnya untuk melakukan take off dan landing.

Sepanjang perjalanan keberadaannya, helikopter terus berkembang dan tak sekadar alat transportasi udara yang menerbangkan manusia dari suatu tempat ke tempat yang lain. Helikopter memiliki berbagai jenis kegunaan lain seperti evakuasi, alat angkut berat, bahkan untuk menjalankan operasi militer dengan kemampuan serang.

Sebuah video yang diunggah pada situs berbagi video youtube menayangkan sejumlah helikopter terbaik dunia yang unggul digunakan sebagai helikopter serang. Video yang diunggah pada 4 Januari 2015 oleh akun bernama Junais Asia ini telah dilihat lebih dari 1,5 juta kali di dunia maya oleh para netizen. Berikut merupakan tiga helikopter militer yang unggul digunakan sebagai helikopter serang:

AH-64E Apache Guardian

helikopter serang
Sumber gambar: militaryaerospace.com

AH-64E Apache Guardian
– Max Speed: 290 (MAST) 305 (No MAST) km/h
– Cruise Speed: 280 km/h
– Rate of Climb: 14,2 m/h
– Combat Range: 480 km
– Service Ceiling: 6.400 m
Armaments Range:
– M230: 2.600 m
– Hydra 70: 8.000 m
– APKWS II: 5.000 m
– AGM-144 Hellfire: 8.000 m
– AIM-92 Stinger: 8.000 m
Protection:
– Armored to withstand cal. 12,7 mm (23 mm for engine and rotor)
– No bullet-proof glass
– AN/APR-39A9(V) radar warming
– AN/APR-48A radar interferometer
– AN/ALQ-136(V) radar jammer
– AN/ALQ-144 infrared jammer
– AN/AVR-2 laser warning
– Flare and chaff dispenser

AH-64E Apache Guardian merupakan helikopter yang dikembangkan pada tahun 2011 dari seri AH-64D Apache yang semula bernama AH-64D Apache Block III. AH-64E Apache Guardian merupakan helikopter militer penempur yang keluar dari rahim perusahaan raksasa produsen pesawat asal Amerika Serikat (AS). Helikopter ini memiliki kapasitas untuk dua kru (tandem) dengan bobot kosong 5,2 ton dan mampu terbang dengan bobot maksimal 10,7 ton.

AH-64E Apache Guardian merupakan heli serang berat yang memiliki baling-baling dari bahan komposit, sehingga membuatnya mampu terbang dengan kecepatan maksimal 305 km/jam. Helikopter ini mampu mendeteksi panas tubuh manusia yang berada di balik pepohonan dan mampu melakukan penghancuran lapis baja maupun infanteri  dari jarak jauh.

AH-64E Apache Guardian didukung senjata kelas berat, seperti rudal 16 rudal AGM-114 Hellfire ASM yang dijuluki ‘tank-killer’ dan dua rudal AIM-92 Stinger AAM. Helikopter ini juga dilengkapi dengan senapan otomatis M230 30 mm Chain Gun Cannon (turret) berkecepatan tembak 625 peluru dalam satu menit, 76 roket Hydra-70 70mm dan 76 roket APKWS II 70 mm.

Berita Terkait:

Ini Deretan Helikopter-helikopter Militer Tercepat Di Dunia

Mau Tahu Pesawat-pesawat Tempur Legendaris Rusia?

AH-64E Apache Guardian kabarnya mampu membawa rudal anti radiasi AGM-122, didukung pula  dengan Radar Longbow (MAST), sistem Pilot Night Vision Sensor (PVNS) serta Target Acquition Designation Sight (TADS) yang dapat menyajikan tampilan gambar dari target dalam bentuk direct-view-optic.

Author: Fery Setiawan