Tertunda Lama, PTDI Akhirnya Serahkan Heli Sarpur Cougar

5844
Hari ini (25/11/2016) PT Dirgantara Indonesia (PTDI) menyerahkan dua unit helikopter SAR Tempur EC725/H225M Cougar kepada TNI AU. Penyerahan dihadiri langsung oleh Menhan Ryamizard Ryacudu, Dirut PTDI Budi Santoso, dan beberapa perwakilan TNI AU.
“Saya bangga kepada PTDI, ini juga sebuah pencapaian PTDI bisa menyelesaikan seluruh pesanan dengan baik,” ujar Ryamizard.
Selanjutnya, heli Cougar ini akan dioperasikan oleh Skadron 8 yang berada di Lanud Atang Sendjaja, Bogor. TNI AU sendiri telah memesan total 6 unit heli Cougar.
Sebelumnya beredar kabar Cougar akan menggantikan heli Puma. Namun setelah serah terima ini, rencananya Cougar akan menambah kekuatan di Skadron 8, dan bukan menggantikan peran Puma.
 
Selain menyerahkan EC725/H225M Cougar, PTDI hari ini juga akan menerbangkan satu unit CN235 ke Thailand. Pesawat angkut tersebut merupakan pesawat yang dipesan oleh Kepolisian Thailand (Royal Thai Police).

Heli EC725 Cougar, heli SAR-tempur buatan @indonesianaerospace Cougar merupakan heli kelas heavy seri terakhir dari keluaraga Super Puma. Heli ini dilengkapi dengan sepasang senapan mesin kalibrr 7,62 buatan FN Herstal, Belgia yang dipasang pada sisi dalam kanan dan kiri jendela kabin. Skadron Udara 8 @tniudara hari ini akan menerima penyerahan dua heli EC725 Cougar dari PTDI. Sementara empat heli berikutnya dengan jenis yang sama akan diserahkan selambatnya awal tahun depan. . . . . #EC725 #Cougar #Eurocopter #Helicopter #PTDI #PTDirgantaraIndonesia #IndonesianAerospace #TNIAU #AngkatanUdara #IndonesiaAirForce #IndustriStrategis #IndustriKedirgantaraan #IndustriPertahanan #SkadronUdara8 #CombatSAR #SARTempur #SARPur #SuperPuma #FNHerstal #MachineGun

A video posted by fery setiawan (@bung.ery) on

Author: Remigius Septian