Sudah Ditolak, Heli AW 101 Dibeli Lagi

9270
Sumber gambar: helihub.com

Meskipun di akhir tahun 2015 lalu Presiden Joko Widodo sempat menolak pembelian heli AW 101 untuk TNI AU, namun pihak TNI AU ternyata tetap membeli heli angkut tersebut. Hal ini diketahui oleh Kompas dari salinan surat ke Kementerian Pertahanan (7/9/2016).

Dalam surat itu tertulis bahwa pembelian heli AW 101 sudah sesuai kajian atas heli angkut TNI AU yang digunakan serta kemampuannya yang dianggap memenuhi kebutuhan militer di masa mendatang.

Saat dikonfirmasi oleh Kompas, Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhan Djundan Eko Bintoro mengakui adanya surat tersebut. “Memang betul TNI AU kembali mengajukan pembelian heli AW 101. Saat ini sedang dibahas oleh Kemenhan,” ujarnya.

Pihak TNI AU juga membenarkan adanya surat tersebut. Namun, heli AW 101 yang akan dibeli bukan untuk kebutuhan angkut VVIP seperti wacana sebelumnya. Heli buatan Agusta Westland tersebut rencananya akan digunakan untuk operasional reguler layaknya heli angkut lainnya.

“Untuk back up yang sudah ada,” jawab Kadispenau Marsma TNI Jeni Trisonjaya saat ditanya oleh Kompas soal alasan pembelian heli AW 101 yang hanya satu unit.

Sumber: Kompas.com

Author: Remigius Septian