Ini Bukti Polri Piawai Modif Senapan M16

14448
Sumber gambar: Julius Rendy

Saat kunjungan ke Pusat Pendidikan Polisi Air (Pusdik Polair) Polri, Angkasa memergoki senjata latih M16A1 yang telah di-pimp alias dipasangi berbagai aksesoris oleh perwira Pusdik Polair AKBP Untung Sangaji. Hasilnya, senapan serbu lawas ini menjadi terlihat keren.

Tak banyak orang tahu, Polri merupakan salah satu pengguna perdana senapan serbu M16 (AR-15), bahkan sebelum senjata ini digunakan resmi oleh AD AS (US Army). Sudah tentu, seiring waktu M16A1 jadi usang, tapi bukan berarti umurnya sudah habis. Kepiawaian Polri terlihat dari M16A1 yang digunakan untuk pendidikan, dimana sejumlah aksesori dipasang untuk memupus kesan lawasnya.

Dimulai dari depan, handguard untuk memegang senjata berbentuk segitiga khas M16A1 dilepas, diganti dengan sistem rel Mil-STD 1913 Picattinny tipe RIS II buatan Daniel Defense, yang merupakan standar kit SOPMOD Pasukan khusus AS. Sistem rel ini tidak lagi menggunakan slip ring, diganti dengan bolt up system berupa empat mur pengunci.

Senapan M16 yang dimodifikasi oleh AKBP Untung Sangaji. Sumber gambar: Julius Rendy
Senapan M16 yang dimodifikasi oleh AKBP Untung Sangaji. Sumber gambar: Julius Rendy

Dampak positifnya, sistem RIS II tidak menempel pada laras sehingga akurasi M16A1 modif ini meningkat drastis. Bagian bawah rel bisa dilepas bila dipasangi pelontar granat 40mm M203. Pada M16A1 di Pusdik Polair ini, grip depan menjadi konfigurasi standar.

Beralih ke popor, terpasang Magpul PRS (Precision Rifle Stock) yang menggantikan popor standar M16. Popor kelas premium standar sniper buatan Magpul ini terbuat dari polimer kualitas tinggi, dengan bantalan pipi yang bisa disetel ketinggiannya, serta spacer di belakang yang masih bisa dimundurkan lagi untuk memperpanjang popor apabila dibutuhkan. Tinggal putar dua kenop di popor untuk mengatur panjang dan tingginya.

Hasilnya, M16A1 ini so pasti bisa menandingi ‘anak-anaknya’ yang lebih baru seperti M4A1 yang digunakan Densus 88. Biaya yang dihabiskan bila dirinci, US$250 untuk popor dan US$445 untuk Rel RIS II, itu baru harga di pasar AS. Yang kurang tinggal dudukan teleskop di carry handle untuk menempelkan teleskop, jadilah senapan bakduk (tembak runduk) murah meriah.

Author: Aryo Nugroho