Kenang Masa Sekbang, KSAU Terbangkan T-34 Charlie

5945
ksau terbangkan T-34 Charlie
KSAU Marsekal TNI Agus Supriatna bersiap menaiki T-34 Charlie.

Mengenang kembali masa-masa di Sekolah Penerbang (Sekbang) TNI AU baik sebagai siswa maupun sebagai instruktur dan komandan skadron, KSAU Marsekal TNI Agus Supriatna melaksanakan terbang nostalgia menggunakan pesawat latih dasar T-34 Charlie, Kamis (2/6/2016), di Yogyakarta.

KSAU terbang dengan pesawat T-34 nomor registrasi LD-3423 didampingi Letkol Pnb H. M. Kisha, salah satu Instruktur Penebang di Skadron Pendidikan (Skadik) 102 Wingdik Terbang, Lanud Adisutjipto, Yogyakarta. Penerbangan berlangsung kurang lebih tiga puluh menit di Adisutjipto Training Area dengan ketinggian bervariasi 2.000 – 4.000 kaki dan kecepatan 180 knot.

ksau terbangkan T-34 Charlie
KSAU Marsekal TNI Agus Supriatna (kiri) dan Letkol Pnb H M Kisha (kanan).

Disebut penerbangan nostalgia karena pesawat T-34 Charlie yang digunakan, dulunya juga pernah digunakan oleh Marsekal TNI Agus Supriatna saat menjalani pendidikan Sekbang TNI AU tahun 1982 maupun sebagai Instruktur Penerbang tahun 1989. Dalam penerbangan itu, badan pesawat diberi tulisan “Dingo” dan diberi cap bintang empat menandakan ia sebagai orang nomor satu di TNI AU saat ini.

Usai turun dari pesawat, KSAU mengatakan kebanggaannya karena masih bisa merasakan terbang dengan pesawat yang telah lewat masa 34 tahun sejak ia menjadi siswa Sekbang. “Saya bangga dengan pesawat Charlie LD-3423 ini. Saya punya kenangan menggunakan pesawat ini dan sekarang saya ingin bernostagia lagi,” ujar Agus Supriatna.

ksau terbangkan T-34 Charlie
KSAU Marsekal TNI Agus Supriatna (kiri) dan Isteri, Ny. Bryan Timur R Agus Supriatna(kiri).

Sementara Letkol Pnb Kisha saat ditanya komentarnya mendampingi KSAU terbang di pesawat Charlie mengaku bangga. “Kesannya excited sekali. Saya sebagai instruktur saat ini terbang dengan instruktur senior yang sudah lebih dulu terbang di sini,” ujar lulusan AAU 1999 dan lulusan Sesko di Australia ini. Kisha juga menerangkan bahwa dalam penerbangan KSAU mencoba low approach dan touch and go.

Peran pesawat latih dasar T-34 sendiri di TNI AU saat ini telah digantikan oleh pesawat baru buatan Jerman, yakni Grob G 120 TP-A.

Author: Roni Sontani & Fery Setiawan