Jawab Tantangan Bundeswehr, HK Rilis HK433

1949

Keputusan Bundeswehr untuk mengganti senapan serbu HK G36 dalam waktu tiga tahun tentu membuat Heckler & Koch (HK) merasa ketar-ketir.

HK masih harus menghadapi prospek litigasi dari Pemerintah Jerman yang merasa bahwa pabrikan tersebut melakukan proses manufaktur dan penyerahan produk yang di bawah standar. HK juga harus siap jika kemungkinan prospek bisnis jangka panjangnya hilang.

Jika G36 diganti produk pabrikan lain, hilang sudah kontrak perawatan jangka panjang yang kadang lebih menguntungkan dari kontrak pembelian senjatanya sendiri.

Jika sebelumnya diberitakan bahwa HK akan berpartner dengan SIG, rupa-rupanya HK masih menyimpan senjata pamungkasnya.

Minggu ini sang pabrikan secara mengejutkan mengumumkan sebuah senapan serbu baru, yaitu HK433. Melihat dari sosoknya, senapan serbu baru ini merupakan amalgamasi dari berbagai desain senapan serbu yang sudah dilahirkan oleh HK selama ini.

Layout keseluruhan dari HK433 adalah menggunakan layout standar AR-15, tetapi dengan beberapa modifikasi besar yang mencitrakan garis desain khas HK. Ciri khas tersebut dapat dilihat pada tuas pengokang alias charging handle yang diposisikan di depan. Desain ini mengingatkan kita pada desain klasik senapan tempur HK G3 ataupun senapan serbu HK33.

Ciri khas lainnya ada pada tuas selektor pemilihan tembakan yang menggunakan desain tuas berukuran besar, dengan piktogram gambar peluru yang menandakan moda penembakan yang dipilih.

Beberapa hal yang cukup unik dari HK433 adalah pada handguard sisi atas, yang dicetak menyatu dengan upper receiver karena juga menjadi rumah dari tuas pengokang.

Handguard sisi kiri dan kanan menggunakan slot Keymod untuk penempelan rel apabila dibutuhkan. Sementara sisi bawahnya menggunakan rel standar Picattinny yang memanjang sampai magwell.

Magasen HK433 menggunakan magasen standar STANAG alias magasen M16. Tapi tentu saja HK akan memasangkan produknya yaitu HRM (High Reliability Magazine) ke HK433 untuk membuatnya andal dioperasikan.

Tombol rilis magasennya menggunakan bentuk tuas seperti pada G36, ditempatkan di bagian depan trigger guard sehingga bisa diakses dengan menggunakan tangan lainnya yang tidak menembak. HK juga membuat opsi desain tombol rilis ala HK416 bagi pengguna yang tidak menyukai model tuas.

Upper receiver HK433 dibuat dari blok alumunium monolitik yang dipahat dan dibentuk, sehingga rigiditasnya maksimal. Pada bagian popor menampilkan desain popor yang sangat ramping dengan sandaran pipi yang bisa dinaikturunkan.

Popor ini juga bisa ditarik untuk menyesuaikan dengan panjang tangan penembak. Desain popor yang ramping ini seolah meninggalkan desain popor HK yang menggendut sejak keluarnya HK416/417.

Elemen kunci dari desain HK433 adalah modularitasnya. Senapan serbu ini memiliki opsi untuk gonta-ganti laras secara cepat. Ini adalah permintaan Bundeswehr yang tidak bisa ditawar-tawar sehingga HK416 keluar dari gelanggang dan HK harus menawarkan senapan serbu baru dalam bentuk HK433.

Ada sejumlah opsi laras mulai dari 11 inci, 12,5 inci, 14,5 inci, 16,5 inci, 18,9 inci, sampai 20 inci. Artinya, akan ada banyak pilihan dan senapan bisa disetel dari format senapan serbu mikro sampai dengan senapan untuk tembak jitu dan bahkan senapan mesin ringan.

Author: Aryo Nugroho