Inggris Akuisisi 1.000 Rudal AGM-114 Hellfire II Lockheed Martin

2478
agm-114 hellfire
Rudal AGM-144 Hellfire II. Sumber gambar: Indiatimes.com

Inggris akuisisi 1.000 rudal udara-ke-permukaan AGM-114 Hellfire II Lockheed Martin yang menghabiskan dana sebesar 150 juta dolar AS. Berdasarkan pernyataan Badan Keamanan dan Kerjasama Pertahanan AS (DSCA), Departement Dalam Negeri AS menyetujui penjualan pada Kamis (16/3/2017) lalu terkait pihak Inggris yang meminta 1.000 AGM-114R1/R2 Hellfire II.

Rudal semi aktif laser (semi-active laser/SAL) diminta dengan layanan dukungan logistik serta dukungan program terkait.

“Rencana penjualan ini berkontribusi secara langsung terhadap kebijakan luar negeri dan berbagai kebijakan keamanan nasional Amerika Serikat yang meningkatkan kemampuan dukungan udara Inggris dalam mendukung NATO serta operasi koalisi lainnya,” ujar pejabat DCSA, seperti dikutip IHS Jane’s, Jum’at (17/3/2017).

Baca Juga:

F-16 Angkatan Udara Polandia Disematkan Rudal AGM-158A JASSM

Myanmar Operasikan Pesawat Nirawak Bersenjata Buatan China

Kesamaan antara kemampuan dukungan udara sangat meningkatkan interoperabilitas bagi militer inggris maupun AS dan pasukan penjaga perdamaian, serta memungkinkan untuk membagi beban yang lebih besar.

Di Inggris, Hellfire (Heliborne, Laser, Fire and Forget) disematkan pada helikopter serang AgustaWestland/Boeing WAH-64D Blok I Apache Longbow AH1 yang dioperasikan Korps Udara Angkatan Darat Inggris. Selain itu, Hellfire juga tersematkan pada UAV (unmanned aerial vehicle) General Atomics MQ-9 Reaper yang dioperasikan Angkatan Udara Inggris (RAF).

Baca Juga:

Rudal Kh-29, “Maverick” versi Rusia Milik TNI AU

Arab Saudi Akui Gunakan Bom Tandan BL755 Buatan Inggris

Author: Fery Setiawan