Fregat Termutakhir AL Italia Singgah di Jakarta

3811
Sumber gambar: wikipedia

Kapal fregat Italian Ship (ITS) Carabiniere milik AL Italia dikabarkan singgah di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta hari ini (9/3/2017). Kedatangan fregat tersebut merupakan bagian dari program pelayaran ITS Carabiniere ke Asia dan Australia.

Selain ke Indonesia pihak Kedutaan Besar Italia untuk Indonesia mengatakan, ITS Carabiniere akan singgah ke berbagai negara, seperti Singapura, Malaysia, Oman, Pakistan, Australia, dan Arab Saudi.

“Saat singgah di Malaysia, kapal akan ikut serta dalam acara Langkawi International Maritime and Aerospace Exhibition 2017,” tulis rilis resmi yang diterima Angkasa.

Di Jakarta sendiri, ITS Carabiniere akan menggelar acara untuk memperkenalkan kemampuan kapal fregat tersebut kepada beberapa media sore nanti.

Pastinya, dalam kunjungan ini, ITS Carabiniere akan mempromosikan teknologi-teknologi termutakhir yang digunakan.

ITS Carabiniere sendiri didesain dan dibangun oleh Fincantieri, salah satu anak perusahaan Leonardo, di galangan kapal Rival Trigoso, Genoa, Italia. Kapal ini mulai beroperasi pada bulan Maret 2014 lalu.

Kapal fregat yang masuk ke dalam kelas Bergamini ini merupakan salah satu kapal fregat bagian dari program Kapal Fregat Multiperan Italia-Perancis (FREMM). Kapal ini juga tercatat sebagai kapal keempat yang memiliki peran khusus sebagai kapal antiselam.

Rencananya, program FREMM akan memproduksi 20 kapal yang sama. Hingga saat ini tercatat 10 kapal telah beroperasi di AL Italia, Perancis, Maroko, dan Mesir.

Author: Remigius Septian