F-35 Lightning II Sukses Uji Tembak MBDA ASRAAM

1909
Sumber gambar: defense-blog.com

Jet tempur berteknologi siluman F-35 Lightning II sukes menembakkan rudal MBDA Advanced Short Range Air to Air Missile (ASRAAM) pada hari Kamis (16/3/2017) lalu di AS.

Keberhasilan menembakkan rudal MBDA ASRAAM yang bukan merupakan produk dari industri militer AS ini mengindikasikan F-35 siap menggunakan persenjataan dari berbagai negara.

Sebagai produsen rudal, industri militer MBDA merupakan gabungan dari negara Perancis, Jerman, Italia, Spanyol, dan Inggris. Industri militer dengan lebih 10.000 tenaga kerja itu juga memiliki kantor perwakilan di AS.

Keberhasilan F-35  menembakkan rudal MBDA ASRAAM juga mengindisikan jika F-35 segera bisa dioperasikan di kelima negara itu dan tidak akan menemui masalah dalam kebutuhan persenjataannya.

MBDA sendiri telah menandatangi kontrak sebagai suplier rudal pemandu inframerah ASRAAM yang dibutuhkan F-35 pada  tahun 2016.

Uji coba penembakkan rudal MBDA ASRAAM yang dilalukan juga mendapat pengawasan Lokheed Martin, BAE System, dan Northrop Grumman untuk uji integrasi sistem senjata.

Militer Inggris sendiri telah merencanakan menggunakan rudal MBDA ASRAAM untuk mempersenjtai jet tempur Eurofighter Typhoon dan mempersenjatai pesawat-pesawat tempur untuk Angkatan Laut dan Angkatan Daratnya.

Kehadiran F-35 bagi AU Inggris yang sudah teruji menggunakan rudal MBDA ASRAAM benar-benar sebuah keberuntungan karena langsung dalam kondisi siap tempur.

Author: A. Winardi