Empat Penerbang F-5 TNI AU Lulus Konversi Jet Tempur Sukhoi

1925
Danlanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Bowo Budiarto menyematkan Thunder Number kepada empat penerbang Sukhoi yang berasal dari F-5. Sumber gambar: Penlanud HND

Empat penerbang F-5E/F Tiger II dari Skadron Udara 14 Lanud Iswahjudi dinyatakan lulus pendidikan Konversi Pesawat Su-30MK2 Angkatan ke-16 di Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar. Pendidikan ditutup oleh Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Bowo Budiarto, S.E pada 27 Februari lalu.

Keempat penerbang F-5 dimaksud adalah Mayor Pnb Reza “Tigon” Muryaji (AAU 2000), Mayor Pnb M. “Bradox” Yunus (AAU 2001), Mayor Pnb I Kadek “Jaeger” Suta Arimbawa (AAU 2003), dan Mayor Pnb Apri “Cheetah” Arfianto (AAU 2004). Di pesawat F-5, sebelumnya masing-masing telah mengantongi lebih dari 1.000 jam terbang.

Tradisi penyiraman air bunga bagi keempat penerbang F-5 yang lulus terbang solo Konversi Pesawat Su-30MK-2. Sumber gambar: Penalnud HND
Tradisi penyiraman air bunga bagi keempat penerbang F-5 yang lulus terbang solo Konversi Pesawat Su-30MK-2. Sumber gambar: Penalnud HND

Danlanud Sultan Hasanuddin menyampaikan ucapan selamat atas keberhasilan keempat penerbang yang telah mampu terbang solo dengan pesawat Su-30MK2. Danlanud juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Komandan Skadron Udara 11 beserta seluruh jajarannya yang telah mendukung terlaksananya pendidikan selama empat bulan tersebut.

Berita terdahulu:

Akan Operasikan Su-35, Penerbang F-5 TNI AU Mulai Konversi ke Sukhoi

Bowo menambahkan, dilaksanakannya pendidikan konversi ke pesawat Sukhoi bagi keempat penerbang F-5 adalah sebagai persiapan untuk nantinya mereka mengawaki jet tempur Su-35 yang akan dibeli Indonesia dari Rusia.

“Indonesia akan membeli pesawat tempur Sukhoi Su-35 guna memperkuat pertahanan wilayah udara NKRI. Kalian yang akan mengawaki pesawat tempur tersebut sehingga ilmu yang kalian peroleh ini dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri agar dapat menjalankan misi yang diemban,” ujar Bowo Budiarto.

Author: Roni Sontani