Mau Mahir Menembak? Anda Perlu Coba Teknik Menembak ‘Nabitepi’

13686
teknik menembak nabitepi
Kegiatan rutin latihan menembak Seskoal Shooting Club yang dilaksanakan setiap hari Selasa dan Jum'at di lapangan tembak Seskoal.

Tidak mudah memang bagi seseorang untuk mahir dalam menembak. Dibutuhkan ketekunan, latihan keras dan disiplin yang tinggi untuk dapat menggapai keahlian tersebut. Nah, jika Anda mau mahir menembak, Anda perlu coba teknik menembak ‘Nabitepi’ yang diajarkan di Seskoal Shooting Club berikut ini.

Sebelum memulai pada tahap menarik picu (trigger) yang perlu diperhatikan adalah sikap tubuh Anda yang baik dalam menembak. Tumpuan atau kuda-kuda kaki harus kuat, namun biarkan badan dan kepalaAnda tetap rileks. Pastikan badan dan kedua kaki Anda sejajar menghadap ke sasaran atau target tembak.

Catatan untuk Anda, arah tangan Anda tidak dipaksa, nah untuk meluruskannya Anda cukup menggeser salah satu kaki Anda. Pastikan posisi kedua tangan seimbang ke arah depan. Tangan pun lurus ditekuk ke dalam sedikit, bukan ke atas.

Tanfoglio P21 L
Sumber gambar: Ery

Jari tangan yang menggenggam senjata atau pistol harus kokoh agar ketika ada hentakkan dari pistol yang Anda genggam tidak membuat tangan Anda terluka dan pistol tidak terjatuh. Gunakan tangan Anda yang satunya lagi untuk memperkokoh tangan pertama Anda yang memegang senjata.

Berita Terkait:
Ini Tips Agar Pemula Bisa Mahir Dalam Menembak
Belum Ada Yang Melebihi Kemampuan Prajurit Ini Di Sesko Angkatan
Mau Belajar Bongkar Pasang Tangfoglio P21 L? Lihat Ini Dulu..

Perlu diingat, jari telunjuk yang menarik pelatuk atau trigger harus rileks dan independen. Kemudian, buat gambar bidik dengan meluruskan antara pisir belakang dengan pisir depan pistol yang Anda gunakan tepat ke arah sasaran, sesuai gambar bidik yang dipilih.

Nah sekarang masuk ke teknik menembak ‘Nabitepi’ yang sebelumnya telah disebutkan. Jadi ‘Nabitepi’ itu merupakan akronim dari nafas, bidik, terbidik dan tarik picu. Perhatikan nafas Anda sebelum menembak. Tarik nafas panjang untuk membantu Anda fokus dengan sasaran dan tidak mengganggu ketika menarik picu atau pelatuk. Setelah menarik nafas panjang, kemudian tahan untuk menstabilkan gerak perut Anda agar tidak terjadi pergeseran sasaran bidik.

Berikutnya setelah memperhatikan nafas, yang perlu Anda lakukan adalah membuat gambar bidik sesuai gambar bidik yang Anda inginkan. Ketika sudah terbidik, maka tahan gambar bidik tersebut dan jangan biarkan tergeser. Sebagai langkah final, tarik picu atau pelatuk pistol yang Anda gunakan dengan perlahan, jangan di sentak.

Remas picu dengan amat sangat perlahan agar tembakan tepat menuju sasaran. Perlu diperhatikan, pastikan jari telunjuk Anda independen, artinya ketika menarik picu jangan biarkan otot motoric selain jari telunjukikut bergerak. Memang untuk hal ini membutuhkan latihan ekstra, karena disinilah kunci sukses terbesar peluru yang melesat tepat terkena sasaran.

Baca Juga:
Untuk Pertama Kalinya, Tiga Unsur Seskoal Gelar Olahraga Bersama

Sebagai tips tambahan, bila tangan Anda sudah capai atau gemetar jangan paksakan untuk terus berlatih menembak. Turunkan senjata Anda dan pastikan arah laras tetap ke depan pada posisi aman. Oiya, bila genggaman senjata Anda terasa kundur betulkan atau eratkan kembali genggaman tersebut sebelum mulai menembak. Semoga info ini bermanfaat untuk Anda.

 

Author: Fery Setiawan