Kamov Ka-226T, Wujud Nyata Usaha Patungan Rusia-India

1781
usaha patungan
Helikopter Kamov Ka-226T. Sumber gambar: TASS

Perusahaan-perusahaan kedirgantaraan kenamaan asal Rusia dan India bergabung untuk memproduksi  helikopter Kamov Ka-226T. Seperti yang dipublikasikan Kedutaan Besar India untuk Rusia dalam situs resminya pada Rabu (3/5/2017) lalu, perusahaan tersebut telah didirikan di India.

“Pemerintah India melalui Kementerian Perindustrian Luar Negeri pada 2 Mei 2017 telah mendirikan perusahaan India-Rusia Helicopters Limited. Hal ini menandai terbentuknya secara legal usaha patungan antara Hindustan Aeronautic Limited (HAL) India dengan Russian Helicopters dan Rosoboronexport Rusia yang menjadi tonggak utama dalam produksi helikopter Ka-226T di India dengan kolaborasi Rusia,” tulis Kementerian dalam siaran persnya.

Baca Juga:

Rusia dan Iran Bangun Usaha Patungan Perakitan Helikopter

Tes Perdana Ka-52 untuk Pembeli Luar Negeri Sedang Berlangsung

Didirikannya perusahaan patungan antara Rusia dan India ini untuk memproduksi Ka-226T merupakan buah dari perjanjian kerja sama yang ditandatangani kedua belah pihak pada tahun 2015 silam. Kemudian pada akhir Oktober 2016 dilakukan sebuah kesepakatan terkait usaha patungan yang lebih matang untuk memproduksi helikopter Ka-226T.

Kamov Ka-226T merupakan helikpoter multiperan ringan dengan bobot takeoff 3,4 ton. Helikopter ini dirancang untuk mengangkut kargo dengan bobot hingga 1,5 ton atau tujuh penumpang di dalamnya yang mampu terbang hingga sejauh 600 kilometer.

Baca Juga:

Perusahaan Rusia Pegang Pemeliharaan Su-30MKI Angkatan Udara India

Tejas, Bukti Kemandirian Industri Pertahanan India

Author: Fery Setiawan