Dengan Rp 4 Juta Naik Garuda Sampai India

1604

Sekitar pukul 13.00 WIB hari ini, Senin (12/12/2016), pesawat Boeing B737-800 NG Garuda Indonesia dengan registrasi PK- GNH perlahan-lahan meninggalkan apron Terminal 2E Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Pesawat tersebut akan terbang menuju Bangkok ( Thailand) dan kemudian untuk pertama kalinya akan terbang menuju Bandara Internasional Chhatrapati Shivaji, Mumbai India.

Ya..Hari ini adalah penerbangan perdana Garuda ke India. Penerbangan dengan transit di Bangkok ini akan dilayani tiga kali seminggu dengan nomor penerbangan GA 862. Jadwal sebenarnya keberangkatan dari Jakarta adalah pukul 05.55 WIB dan sampai Mumbai pukul 15.00 waktu setempat. Sedangkan penerbangan sebaliknya dengan nomor penerbangan GA 861 akan berangkat dari Mumbai pukul 17.35 waktu setempat dan sampai Jakarta pukul 03.05 WIB.

Harga tiketnya, menurut Direktur Utama Garuda Indonesia Arif Wibowo cukup murah. “Hanya dengan Rp.4 jutaan saja kita sudah bisa terbang ke Mumbai,” ujarnya sesaat sebelum melepas penerbangan perdana ini.

Menurut Arif, penerbangan saat ini memang masih transit di Bangkok. Dalam beberapa bulan ke depan, jika pasarnya bagus, akan dibuka penerbangan langsung Jakarta – Mumbai PP.

Namun demikian, dengan transit di Bangkok ini akan menguntungkan bagi penumpang dari India. Karena di Bangkok mereka bisa memilih terbang ke Jakarta atau ke Denpasar Bali.

“Kita punya beberapa rute tujuan dari Bangkok. Selain Jakarta ada Denpasar juga. Jadi penumpang dari India bisa memilih mau ke Jakarta atau Denpasar Bali,” lanjut Arif lagi.

India sebenarnya sudah menjadi incaran Garuda sejak tahun lalu karena pasarnya dianggap sangat potensial. Pasar penerbangan India saat ini pertumbuhannya nomor dua terbesar di dunia setelah China.

Dari catatan Garuda, wisatawan India yang datang ke Indonesia tahun 2015 lalu mencapai 270.000 orang. Sedangkan hingga akhir 2016 ini mencapai 350.000 orang.

Author: Gara