Citilink PHK Pilot yang Ceroboh

3385
Konferensi pers Citilink sore ini. Sumber gambar: Reni Rohmawati

Berdasarkan hasil investigasi internal Citilink Indonesia, Capt Tekad Purna Agniamartanto akhirnya diputus-hubungan-kerja (PHK) dengan tidak hormat. Pemecatan pilot yang akan menerbangkan pesawat A320 pada penerbangan QG800 rute Surabaya-Jakarta 28 Desember kemarin lusa itu dilakukan setelah adanya pengakuan kesalahan dari yang bersangkutan.

“Dari hasil investigasi internal Citilink terhadap yang bersangkutan dan kru lain yang terkait (pada penerbangan QG800) di lokasi, pilot yang bersangkutan telah melakukan pelanggaran aturan ketenagakerjaan, aturan perusahaan, dan kebijakan SDM Citilink,” tutur Albert Burhan, Direktur Utama Citilink Indonesia di Jakarta tadi (30/12) sore ini.

Kesalahan tersebut dianggap fundamental dan fatal karena menyangkut kecerobohan yang diindikasikan berdampak negatif pada keselamatan  penerbangan. Pilot yang bersangkutan juga tidak disiplin dan tak mengindahkan prosedur kerja, terutama SOP sebagai seorang pilot yang bertanggung jawab terhadap keselamatan penerbangan.

“Kesalahan yang dilakukan pilot tersebut juga menodai reputasi perusahaan,” papar Albert. Untuk itu, kata Albert, manajemen dan seluruh perusahaan akan berupaya  mengembalikan reputasi atau citra Citilink menjadi lebih baik lagi.
“Budaya baru dalam penerbangan di Indonesia. Pemimpin tertinggi maskapai mengundurkan diri sebagai bentuk pertanggungjawaban. Salut terhadap sikap Pak Albert Burhan,” kata Alvin Lie, pengamat penerbangan.
Author: Reni Rohmawati