Iklan-Iklan Unik untuk Rekrutmen Prajurit, dari Lagu Rap Hingga AKB48

2768
Indonesia sendiri tidak kesulitan dalam merekrut calon prajurit TNI. Sumber gambar: JR Nugroho

Bagi masyarakat Indonesia, menjadi seorang anggota militer merupakan sebuah kebanggaan dan sebuah prestise.

Bagaimana dengan militer di luar negeri? Nyatanya, minat masyarakat terutama generasi muda untuk menjadi anggota militer tidak seantusias di Indonesia. Ini bukan fenomena aneh karena sudah sejak usai Perang Dunia II mereka kesulitan merekrut anggotanya.

Negara macam Kanada, Amerika Serikat, Inggris, dan Swedia bahkan sampai harus membuang uang untuk membeli ruang iklan, baik di media cetak maupun elektronik.

Tahun lalu Dailymail.co.uk merilis sebuah berita yang menyebut bahwa Kementerian Pertahanan Inggris sampai harus merogoh kocek hingga jutaan Poundsterling untuk promosi rekrutmen militer, itupun hanya komponen cadangan.

Berapa orang yang didapat dari uang jutaan Poundsterling itu? Hanya 140 orang.

Berikut Angkasa rangkum beberapa iklan rekrutmen militer di dunia. Siapa tahu bisa menjadi bahan referensi bagi TNI jika kelak TNI mengalami krisis peminat seperti negara-negara sahabat.

Amerika Serikat

US Army bahkan sampai menjadi sponsor salah satu tim balap Nascar tahun 2005. Sumber gambar: Wikipedia
US Army bahkan sampai menjadi sponsor salah satu tim balap Nascar tahun 2005. Sumber gambar: Wikipedia

Jerman

Dari November 2016 lalu, Jerman membuat sebuah program reality show dengan basis di Youtube untuk mempromosikan militer mereka kepada generasi milenial. Konon Pemerintah Jerman menghabiskan 6,4 juta Dolar AS untuk rangkaian acara ini.

China

Tahun lalu militer China mengeluarkan sebuah iklan rekrutmen yang jauh lebih modern dan bergaya pop. Bahkan, video itu diisi dengan lagu rap agar lebih menarik anak muda.

Jepang

Lantaran jumlah peminat yang terus menurun, Tahun 2014 lalu Pemerintah Jepang menggandeng grup vokal AKB48 untuk mempromosikan Pasukan Bela Diri Jepang kepada generasi milenial.

Korea Selatan

Kanada

Setidaknya dalam tiga tahun terakhin ini Kanada ingin meningkatkan jumlah prajurit wanita di seluruh angkatan.

Inggris

Selain iklan tersebut, ada iklan-iklan lain yang memiliki latar beragam medan, mulai dari laut, hutan, hingga salju.

Swedia

Banyak pihak mengatakan, iklan ini cenderung mengejek militer AS yang nampak seperti artis Hollywood. Swedia menjanjikan kehidupan yang nyata dan pantas untuk mereka yang ingin bergabung dengan angkatan bersenjatanya.

Cile

Brasil

Author: Remigius Septian