Populernya Macan di Dunia Militer

3077

Beberapa waktu masyarakat sempat dihebohkan dengan munculnya patung macan di kantor Komando Rayon Militer (Koramil) Cisewu, Garut. Patung yang disebut sebagai ‘macan lucu’ itu sempat viral dan kemudian diganti dengan patung macan yang lebih gagah.

Macan sendiri selama ini digunakan di banyak hal dalam dunia militer, mulai dari nama kesatuan militer, alutsista, bahkan dipakai sebagai lambang kelompok gerliyawan.

Macan Tamil

Sumber gambar: junodownload.com
Sumber gambar: junodownload.com

Ini adalah nama kelompok gerilyawan di Sri Lanka yang berjaya di dekade 80-an hingga 2000-an. Mereka biasa disebut dengan nama Liberation Tiger of Tamil Eelam (LTTE) di Sri Lanka.

Tiger Force

Sumber gambar: tigerforcerecon.com
Sumber gambar: tigerforcerecon.com

Ini adalah satu unit pasukan dari 1st Battalion (Airborne), 327th Infantry Regiment, 1st, 101st Airborne Division yang bertugas melaksnakan operasi pengintaian jangka panjang di Perang Vietnam.

Unit yang dibentuk oleh Col. David Hackworth ini beranggota 45 orang. Dalam operasinya, Tiger Force tercatat sukses menghabisi anggota Vietkong. Namun, di kemudian hari unit ini juga tersandung oleh masalah Hak Asasi Manusia akibat banyaknya warga sipil yang ikut menjadi korban.

Tank Tiger

Sumber gambar: tank-hunter.com
Sumber gambar: tank-hunter.com

Pada era Perang Dunia II, pasukan Nazi Jerman juga dikenal memiliki divisi tank yang armadanya terdiri dari tank-tank Tiger.

Tank paling tangguh di era PD II itu menjadi modal utama bagi pasukan Nazi untuk melancarkan serangan kilat (blitzkrieg) ke kawasan Perancis dan Eropa Timur.

Eurocopter Tiger

Sumber gambar: airbushelicopters.com
Sumber gambar: airbushelicopters.com

Pengembangan helikopter tempur ini dilaksanakan sejak awal dekade ’90-an namun baru pertama dipasarkan tahun 2003. Dari segi kecanggihan sebagai mesin perang, Eurocopter Tiger disebut-sebut sebagai tandingan heli tempur Apache buatan AS.

F-5 Tiger

Pesawat tempur F-5E Tiger II Skadron Udara 14 Lanud Iswahjudi, Madiun.
Pesawat tempur F-5E Tiger II Skadron Udara 14 Lanud Iswahjudi, Madiun.

Siapa yang tak kenal pesawat tempur ini. Indonesia termasuk dalam pengguna pesawat ini hingga masa operasinya berakhir tahun 2016 lalu.

77th Air Refuelling Squadron

Sumber gambar: av8rstuff.com
Sumber gambar: av8rstuff.com

Walau macan identik dengan pesawat tempur atau tank tempur utama, namun tidak demikian dengan skadron udara AU AS ini. 77th Air Refuelling Squadron mengoperasikan pesawat KC-135 Stratotanker.

Pesawat tersebut berfungsi sebagai pesawat pendukung yang bertugas untuk mengisi bahan bakar pesawat tempur di udara.

Uniknya, macan yang menjadi lambang skadron ini digambarkan mengenakan tas tote. Tak ada penjelasan pasti soal ini. Beberapa pihak menduga, tas tote itu merupakan lambang dari selang saat pengisian bahan bakar di udara.

RNLAF 313 SQN

Sumber gambar: airforcecollectables.com
Sumber gambar: airforcecollectables.com

AU Kerajaan Belanda memasang gambar macan di skadron ini sebagai lambang kesangaran dan keganasan F-16A/B blok 20 MLU.

321 Tiger Squadron

Sumber gambar: 321tigers.de
Sumber gambar: 321tigers.de

Ini adalah skadron tempur milik AU Jerman. Sayangnya, di tahun 2013 AU Jerman memutuskan untuk menutup skadron ini untuk dimerger dengan skadron lain. 321 Tiger Squadron terakhir mengoperasikan pesawat tempur Tornado ECR.

Masih banyak lagi satuan militer yang menghormati macan sebagai maskot mereka.

Author: Remigius S./Winardi