Inilah Seragam Loreng Terbaik di Dunia

65008
kamuflase
Prajurit dari 2nd Battalion, 503rd Infantry Regiment (Airborne), AD Amerika serikat sedang mengawasi sebuah desa yang menjadi target mereka di Afganistan. Sumber gambar: US Army

Baik atau tidaknya sebuah seragam kamuflase, atau di Indonesia sering disebut doreng, akan diuji secara langsung di medan tempur. Semakin sebuah motif kamuflase bisa menyembunyikan sosok si pemakai, maka semakin baiklah kualitasnya. Berikut ini motif-motif doreng yang telah terbukti keefektifannya di medan perang.

KLMK

kamuflase
Sumber gambar: TSSR.com

KLMK atau Kamuflirovannyy Letniy Maskirovochnyy Kombinezon adalah salah satu dari sekian banyak motif yang digunakan oleh pasukan Rusia. Motif yang diperkenalkan pada era 1968-1969 ini terdiri dari jaket, celana, dan masker untuk menutupi wajah. Walaupun diproduksi pada era Uni Soviet, sejumlah pasukan khusus dari unit 45th VDV ORP yang tidak lain adalah pasukan pengintai Lintas Udara masih terlihat menggunakan seragam dengan motif ini.

Flecktarn

kamuflase
Sumber gambar: politico.com

Motif kebanggaan pasukan Bundeswehr Jerman ini diperkenalkan pada era 1989. Motif ini merupakan pengembangan dari dot pattern. Flecktarn sendiri terdiri dari 2 jenis motif, untuk pertempuran di wilayah gurun dan hutan. Seragam ini memiliki teknologi anti inframerah.

Surpat

kamuflase
Sumber gambar: wikimedia.com

Rusia merajai dalam hal keragaman motif kamuflase, mulai dari jenis analog hingga motif digital dimiliki oleh angkatan bersenjata Rusia. Surpat merupakan salah satu jenis kamuflase terbaru milik Rusia yang dikembangkan untuk pasukan FSO atau Federal Protective Service yang bertugas untuk mengamankan tamu hingga pejabat penting. Selain unit FSO, FSKN atau badan yang menangani masalah narkoba terlihat sering menggunakan seragam Surpat.

Author: JR Nugroho & Remigius Septian