Angkernya “Kuburan” Russian MIGs

12738
Sumber gambar: thevintagenews.com

Semasa perang dingin, Rusia cukup banyak membangun pesawat-pesawat yang canggih dengan teknologi rendah, namun mempunyai kemampuan manuver yang andal. PEsawat-pesawat yang sudah masuk masa purna tugas di sebuah tempat pengumpulan pesawat bekas pakai, yang lebih sering disebut dengan kubutan pesawat (Aircraft Boneyard).

Sama halnya dengan di Amerika Serikat yang juga mempunyai lokasi aircraft boneyard, Rusia pun demikian. Pesawat-pesawat yang sudah berkarat dan pensiun dari perang dingin ditempatkan di Obscure Moscow Aircraft Graveyard, Dolgoye. Bisa dikatakan lokasi seperti ini merupakan “kuburan” bagi pesawat-pesawat yang sudah pensiun.

kuburan mig rusia 4
Sumber gambar: thevintagenews.com

Seorang fotografer bernama Theo Van Vliet asal Belanda mengunjungi tempat ini tahun 2011 dan mengambil beberapa foto “angker” Russian MiGs. Ia menemukan pesawat-pesawat ini terlihat berantakan, kotor, dan berkarat. Nampak bagian-bagian penting MiG sudah dilucuti. Akhir dari perjalanan pesawat-pesawat legendaris ini pun sangat miris.

kuburan mig rusia 2
Sumber gambar: thevintagenews.com

Pemandangan ini sangat kontras dengan Aircraft Boneyard di Arizona yang berada di bawah komando Aerospace Maintenance and Regeneration Group (AMARG). Di kuburan itu, pesawat tertata dengan sangat rapih dan bagian kokpitnya ditutup untuk menghindari paparan matahari langsung.

kuburan mig rusia 3
Sumber gambar: thevintagenews.com

Banyak kuburan pesawat juga tidak memikirkan perawatannya bagi pesawat yang terbengkalai, apalagi di negara-negara berkembang. Kuburan pesawat juga banyak ditemukan di setiap sisi bandara yang keadaannya sama memprihatinkannya. Bahkan, karena hanya dianggap sampah, banyak dari pesawat tersebut yang di-scrap (dipotong-potong per bagian) dan besi-besinya dijual.

Author: Remigius S. & Fida Perkasa